4 Cara Memilih SSD yang Perlu Anda Ketahui

Sinet.Id – Cara memilih SSD tidak boleh sembarangan karena anda harus menyesuaikan dengan standar interface terminal laptop yang anda gunakan, menyesuaikan berdasarkan ukuran SSD, menyesuaikan dengan kebutuhan anda, hingga memilih berdasarkan write speed SSD tersebut.

Selain RAM dan prosesor, peran SSD juga sangat penting dalam mempercepat performa laptop ataupun komputer yang anda gunakan. Jika sebelumnya anda belum pernah menggunakan SSD lalu kemudian memasang SSD kelaptop anda, anda pasti akan merasakan performa yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Saat ini sudah banyak pilihan SSD tercepat yang bisa anda gunakan untuk perangkat laptop atau komputer anda. Mulai dari SSD berkapasitas 128 GB hingga SSD berkapasitas 1 TB. Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas bagaimana cara memilih SSD yang perlu anda ketahui.

Tips dan Cara Memilih SSD

 

Selain melihat faktor performa saat memilih, Anda juga harus memastikan apakah SSD tersebut bisa digunakan di PC atau laptop Anda. Ada banyak kasus ketika Anda membeli SSD sebagai komponen baru untuk modifikasi PC/Laptop Anda, Anda hanya melihat kinerjanya saja.

Namun, ketika dipasangkan dengan perangkat, ternyata tidak dapat digunakan atau tidak cocok. Sayangnya, barang yang Anda beli tidak dapat ditukar. Beriktu tips dan cara memilih SSD yang perlu anda ketahui.

1. Sesuaikan dengan Standar Interface

Cara memilih SSD yang pertama yaitu memperhatiak standar interface terminal di laptop anda. Selain memperhatikan SSD itu sendiri, perhatikan juga kabel yang digunakan. Ada beberapa jenis kabel yang menghubungkan komputer Anda ke solid-state drive.

Saat ini jenis kabel yang paling umum dan banyak digunakan adalah SATA (Serial Advanced Technology Attachment). Namun, beberapa komputer masih menggunakan kabel jenis lama, yaitu IDE (Integrated Development Environment).

✔️  10 Mouse Gaming Harga 100 Ribuan dan Cara Memilihnya

IDE menghubungkan kabel datar lebar ke konektor multi-pin di komputer, sedangkan SATA lebih kecil dan memiliki bentuk L di atas kabel. Jadi, dengan melihat gambarnya Anda bisa membedakannya. Periksa bentuk kabel ini terlebih dahulu sebelum membeli.

2. Pilih Berdasarkan Ukuran SSD

Ukuran juga harus diperhatikan dalam cara memilih SSD yang benar. Umumnya harddisk desktop berukuran 3,5 inci, sedangkan untuk laptop berukuran 2,5 inci. Sebaliknya, SSD diproduksi dalam ukuran standar, yaitu 2,5 inci.

Jika Anda menggunakan komputer desktop, lebih baik untuk melengkapi dudukan di mana Anda dapat memasukkan SSD secara terpisah. Sedangkan untuk komputer terbaru sudah ada harddisk yang terpasang di dalamnya.

Selain itu, SSD juga tersedia dalam beberapa ketebalan. Meski umumnya tebalnya 7mm, ada juga yang tebalnya 9mm. Karena itu, Anda harus memeriksa hard drive di komputer Anda sebelum membuat keputusan apa pun.

3. Sesuaiken dengan Kebutuhan

Cara memilih SSD tidak perlu harus membeli yang berkapasitas besar, yang perlu anda lakukan hanyalah menyesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan penggunaan anda. Semakin tinggi kapasitas media penyimpanan, semakin banyak data yang dapat disimpan dan harganya semakin mahal.

Namun, belakangan ini harga disk SSD semakin terjangkau. Jadi, tidak ada salahnya mencoba menggunakan SSD di PC/Laptop Anda. Pada bagian selanjutnya kita akan membahas tentang kapasitas penyimpanan solid state drive sesuai dengan peruntukannya.

128 GB / 256 GB

SSD berkapasitas 128 GB dan 256 GB cocoknya untuk penggunaan Internet atau penyimpanan foto kualitas standar. Jika penggunaan utama komputer Anda adalah untuk mengakses Internet, SSD dengan kapasitas penyimpanan 128 GB (gigabyte) sudah cukup. Kapasitas ini juga cukup untuk menyimpan foto atau video yang diambil dari kamera digital atau mengimpor musik dari CD.

✔️  5 SSD Tercepat Performa Terbaik 2022

512 GB

Sedangkan SSD yang berkapasitas 512 biasanya banyak digunakan oleh para gamer. Bagi orang yang mengunduh game online dari platform digital yang mengumpulkan, mendistribusikan, atau menjual data game milik pengembang, atau menyimpan data film di PC/Laptop, kapasitas SSD yang disarankan adalah 512GB.

Dengan perkembangan grafis 3D, game membutuhkan ruang penyimpanan data yang besar. Karena itu, perhatikan kapasitas spesifik SSD, dan jangan sampai berkurang.

512 GB / 1 TB

Biyasanya untuk pembuat dan pengguna yang kuat. SSD dengan kapasitas besar 512 GB – 1 TB (TB) menjadi rekomendasi bagi para kreator yang memiliki data dalam jumlah besar dan mengutamakan kecepatan dalam pemrosesannya, misalnya untuk mengedit film. Saat Anda merekam atau mengedit video, penyimpanan menjadi lebih cepat penuh. Oleh karena itu, pilihlah SSD berkapasitas besar.

4. Seusiakan Write Speed-nya

Dan cara memilih SSD yang terakhir yaitu memilih dan membandingkan write Speed SSD tersebut karena akan sangat berpengaruh pada perangkat yang anda gunakan. Dengan SSD berkapasitas lebih dari 128GB, kemampuannya membaca dan menulis data relatif lebih cepat dibandingkan HDD.

Namun, pilihlah sebanyak mungkin yang memiliki kecepatan baca tulis lebih tinggi untuk kenyamanan penggunaan PC/laptop. Umumnya, spesifikasi yang lebih tinggi dijual dengan harga yang lebih tinggi. Jika Anda menangani file besar, seperti mengedit film HD, prioritaskan solid-state drive dengan kemampuan baca dan tulis yang cepat.

Kesimpulan

Setiap pengguna memiliki cara yang berbeda untuk menggunakannya di komputer/laptop mereka. Karena harga SSD relatif mahal, sebaiknya tentukan dulu jenis SSD yang Anda butuhkan sebelum membeli. Dengan mengganti harddisk dengan SDD, tingkat kenyamanan menggunakan PC/Laptop pasti akan meningkat.

DAFTAR ISI :

✔️  7 Laptop 11 Inch Terbaik 2022 Pilihan Kami

Leave a Comment