10 Kelebihan dan Kekurangan realme Narzo 30A

Sinet.Id – Dirilis pada bulan Februari 2021, ada sepuluh kelebihan dan kekurangan realme narzo 30A yang perlu anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli ponsel ini. Lima diantaranya menjadi kelebihannya, dan limanya lagi menjadi sebuah kekurangannya.

Menurut versi kami, kelebihan realme narzo 30A terletak pada bagian desainnya yang terbilang keren dengan tampilan antarmuka yang sip. Selain itu, performanya juga bisa dikatakan responsif serta spesifikasi baterai yang besar hingga mampu mendukung aktivitas harian anda.

Sedangkan sesuatu yang bisa dikatakan sebagai kekurangan realme narzo 30A bisa anda temukan dari segi storage yang masih eMMC 5.1, memerlukan waktu yang cukup lama untuk pengisian daya, hingga kualitas kamera yang terbilang biasa – biasa saja.

Spesifikasi realme Narzo 30A

Kelebihan dan Kekurangan realme Narzo 30A

Sebelum lanjut ke ulasan kelebihan dan kekurangan realme narzo 30A, ponsel ini memiliki spesifikasi yang cukup mempuni dan bisa saja membuat ketertarikan anda untuk segera membelinya. Berikut selengkapnya.

Spesifikasi Realme Narzo 30A
Rilis Februari 2021
Layar Panel IPS 6,5 inci HD+
Chipset MediaTek Helio G85 (12 nm)
GPU Mali-G52 MC2
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Memori Eksternal microSD sampai 256 GB (slot khusus)
Kamera Belakang 13 MP + 2 MP
Kamera Depan 8 MP
Baterai Li-Po 6000 mAh

 | 

Kelebihan dan Kekurangan realme Narzo 30A

Dibandrol dengan harga mulai dari 1 jutaan bukan hal yang tidak mungkin jika ponsel ini memiliki nilai minus dan plus. Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, terdapat sepuluh kelebihan dan kekurangan realme narzo 30A yang bisa anda pertimbangkan sebelum membelinya.

Kelebihan

Ada lima hal menarik yang telah ditemukan dari realme Narzo 30A. Semuanya terikat pada spesifikasi yang mendukung kemampuan standar ponsel masa kini. Berikut poin penjelasannya:

1. Desain Keren

Kelebihan dan Kekurangan realme Narzo 30A

Desain yang keren, inilah yang menjadi salah satu kelebihan realme narzo 30A. Hal ini terlihat dengan menempatkan kamera depan pada pola waterdrop (waterdrop notch) yang sudah lazim, dan bezel layar yang masih menebal di bagian bawah. Namun, jika ponsel dibalik, ponsel ini juga akan terlihat bagus.

Sekitar sepertiga penutup belakang (atas) mulus. Selebihnya, sekitar dua pertiga bagian lainnya bermotif garis-garis. Ini adalah pertama kalinya desain seperti ini diterapkan pada ponsel realme narzo. Bahan penutup belakang adalah plastik polikarbonat. Begitu juga dengan bingkai sekitarnya. Meski berbahan plastik, realme narzo 30A sebenarnya memiliki build quality yang bagus.

Selain itu, tombol daya dan volume di sebelah kanan dapat diklik (ditekan dengan keras). Beranjak ke kiri, terdapat dua slot microSIM plus satu microSD. Mikrofon, jack headphone, port USB Type-C, dan jack 3,5mm melengkapi bagian bawah ponsel.

Seluruh komponen ponsel ini dikemas dengan dimensi 164,5 x 75,9 x 9,8 mm dan bobot 207 gram. Pilihan warna yang disiapkan untuk Realme Narzo 30A adalah Laser Black dan Laser Blue.

2. Tampilan dan Antarmuka Sip

Kelebihan dan Kekurangan realme Narzo 30A

Pada bagian tampilan dan antarmuka juga merupakan suatu kelebihan realme narzo 30A. Tidak jarang produsen tidak menyertakan kaca pelindung untuk layar ponsel. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ponsel realme narzo 30A dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 3.

✔️  Review 8 Kelebihan dan Kekurangan Realme 8 Pro

Ponsel ini memastikan ponsel tahan gores saat tidak sengaja tergesek dengan sakelar di saku celana. Sedikit di dalam, itu masih layar panel IPS 6,5 inci dengan resolusi HD+ (720 x 1600). Artinya kerapatan pikselnya hanya 270 dpi.

Namun, detail gambar yang dihasilkan masih bisa diterima dengan sempurna oleh mata. Tidak ada masalah melihat video dari YouTube atau Netflix. Bahkan, layarnya memiliki adaptasi yang baik saat digunakan di bawah terik matahari.

Karena kecerahan puncaknya bisa mencapai 570 lumens. Ponsel ini memiliki rasio layar-ke-bodi sebesar 88,7 persen dan juga memiliki UI 2.0 yang bagus. Antarmuka Android 10 ini ringan dalam pengoperasiannya. Animasi bergerak saat membuka satu menu ke menu lainnya tanpa henti.

Selain itu, realme UI 2.0 juga bersih karena memiliki lebih sedikit bloatware (aplikasi default). Beberapa dari mereka bahkan dapat dihapus. Realme UI 2.0 dilengkapi dengan mode fokus untuk mereka yang tidak ingin repot, dan mode gelap untuk mereka yang menginginkan tampilan yang benar-benar gelap.

Ada juga 11 wallpaper bertema alam yang bisa Anda pilih untuk menghiasi layar Anda. Salah satu fitur unik yang disertakan dalam antarmuka pengguna ini adalah berbagi musik mode ganda. Fitur ini memungkinkan ponsel memutar musik pada dua output audio secara bersamaan.

3. Performa Responsif

Kelebihan dan Kekurangan realme Narzo 30A

Dinobatkan sebagai hp gaming murah, tentu realme narzo 30A memiliki performa yang cukup apik. Dapur pacu Narzo 30A masih sama dengan dapur pacu Realme Narzo 20 yakni SoC MediaTek Helio G85. Namun, chipset octa-core 2020 sangat modern karena memiliki arsitektur 12nm.

Di dalamnya terdapat sepasang inti berbasis Cortex A75 berkecepatan tinggi, dan tiga pasang inti bergaya Cortex A55 yang hemat energi. Ada juga GPU Mali-G52 yang bisa berjalan hingga 1GHz. Soal performa, bisa dikatakan suatu kelebihan realme narzo 30A.

Berkat chipset tersebut, realme narzo 30A mampu memberikan performa yang sangat responsif. Sesuai pengalaman Rohith Bhaskar, ponsel ini cukup tangguh. Ia mampu menjalankan banyak aplikasi di belakang layar dan hampir tidak pernah lag saat berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

Jeda mungkin muncul saat ponsel dibiarkan tidur selama jangka waktu tertentu. Tentu saja ini normal untuk ponsel entry-level. Pembahasan bagian kinerja tidak lengkap tanpa memberikan tes benchmarking sintetik. Berdasarkan tes yang dilakukan, skor Antutu 8 untuk ponsel ini menyentuh angka 201.637.

Sedangkan saat digunakan untuk memainkan Asphalt 9 Legends, gambar yang dihasilkan adalah 30fps dengan stabilitas 99 persen. Talwar menemukan kebenaran yang tidak terduga ketika dia mencoba Call of Duty Mobile dan Asphalt 9 Legends.

Kedua game tersebut justru akan langsung merekomendasikan pengaturan grafis terendah saat Anda membukanya. Namun, realme narzo 30A telah terbukti mampu menjalankan kedua game tersebut pada pengaturan grafis tertinggi tanpa ada tanda-tanda kelelahan.

4. Baterai Badak

Kelebihan dan Kekurangan realme Narzo 30A

Baterai badak, itulah salah satu kelebihan realme narzo 30A. Baterai berkapasitas 6000 mAh tak terkecuali untuk ponsel entry-level. Keberanian menawarkan kapasitas baterai yang besar untuk ponsel murah patut diapresiasi.

Apalagi baterai berkapasitas besar penting bagi masyarakat Indonesia yang suka menatap layar dalam waktu lama. Anda hanya perlu sekali charge untuk dapat menggunakan ponsel ini sepanjang hari.

✔️  Review 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A12

Saat digunakan untuk memainkan game mobile Call of Duty selama 30 menit, baterainya hanya berkurang 7 persen. Untuk perekaman, layar disetel ke kecerahan tertinggi dengan musik game yang diputar melalui speaker. Hal yang hampir sama terjadi saat ponsel digunakan untuk memainkan Asphalt 9 Legends.

5. Sensor, USB, dan WiFi Lengkap

Semua sensor dasar yang dibutuhkan ponsel terpasang pada motherboard realme narzo 30A. Ada sensor optik, proximity, accelerometer, kompas (magnetik), dan sidik jari. Satu-satunya sensor yang hilang adalah giroskop. NFC juga tidak ada, yang normal untuk ponsel entry-level.

Untungnya, port USB yang dipasangkan adalah Tipe C. Port modern ini lebih hemat karena mendukung USB On-The-Go. Yang tiba-tiba ingin membuka file di flashdisk pun tidak perlu melalui komputer, hanya dari ponsel ini. Hal yang mengesankan, tentu saja, adalah dukungan WiFi dual-frekuensi.

Ya, Narzo 30A dapat menangkap sinyal WiFi 2.4GHz dan 5.0GHz. Kemampuan untuk mengambil sinyal WiFi 5GHz memastikan koneksi yang stabil karena latensi rendah. Meski kecepatannya tidak jauh berbeda dengan 2.4GHz.

Kekurangan

Tidak hanya kelebihan di ponsel ini, ada juga beberapa kekurangan realme narzo 30A yang harus Anda pertimbangkan sebelum membelinya. Apa saja kekurangan tersebut? Simak ulasan berikut ini.

1. Storage Masih eMMC 5.1

Varian memori internal ponsel realme narzo 30A yang dijual di Indonesia adalah 64 GB disertai dengan RAM 4 GB. Ukuran ini cukup untuk menginstal beberapa aplikasi dan game favorit Anda. File lagu, foto, dan video juga bisa diakomodasi.

Jika belum, ada slot microSD khusus yang bisa digunakan hingga 256 GB. Di sisi lain, teknologi memori flash internal eMMC 5.1 masih sama. Kecepatan serial tidak terlalu lambat, dan kira-kira setara dengan SSD SATA untuk PC. Pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa Narzo 30A memiliki kecepatan penyimpanan 223 MB/s untuk membaca dan 120 MB/s untuk menulis.

Namun, tren menunjukkan bahwa semakin banyak ponsel kini beralih ke teknologi penyimpanan berbasis UFS. Seperti Redmi 9T dan POCO M3 yang memiliki kisaran harga yang sama dengan Realme Narzo 30A. Kedua ponsel tersebut sudah menggunakan UFS 2.1 untuk varian penyimpanan 64GB.

UFS 2.1 pasti lebih cepat dari eMMC 5.1, karena bisa mencapai 880 MB/s (baca) dan 200 MB/s (tulis). Singkatnya, UFS adalah standar penyimpanan masa depan yang akan memberikan pengalaman yang lebih baik. Apalagi saat ponsel sedang memuat file game dan aplikasi serta menyimpan foto atau video HD.

2. Pengecasan Butuh Waktu Lama

Kapasitas 6000mAh bagus untuk realme narzo 30A. Apalagi resolusi layarnya hanya HD+, ditambah antarmuka Realme UI 2.0 yang simpel membuat daya tahannya bagus. Anda yang merasa daya pada baterai ponsel ini hampir habis, Anda bisa “menyumbangkan” energi ke ponsel teman.

Dapat dipahami bahwa realme narzo 30A memiliki fitur pengisian daya terbalik. Satu hal yang mungkin ingin Anda perhatikan tentang ponsel ini adalah kecepatan pengisian daya yang menjadi kekurangan realme narzo 30A. realme telah berbaik hati untuk mendukung pengisian cepat 18W untuk ponsel ini.

Namun, dibutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk mengisi baterai Narzo 30A dari kosong hingga penuh. Durasinya tentu tidak singkat. Karena itu, Anda harus mengisi daya ponsel ini sebelum tidur.

✔️  Review 10 Kelebihan dan Kekurangan ASUS ROG Phone 3

3. Bobot Relatif Berat

Bobot ponsel yang berat akibat ukuran baterai yang besar dan ini adalah hal yang wajar. Saat artikel ini ditulis, tidak ada satu pun ponsel dengan baterai 6000 mAh yang beratnya kurang dari 200 gram. Termasuk realme narzo 30A yang memiliki bobot 207 gram.

Sisi positif dari bobot yang besar dan kuat adalah pegangan yang kokoh. Namun, memegang ponsel ini relatif cepat membuat tangan Anda cepat sakit, terutama jika Anda lebih suka menggunakan ponsel dengan satu tangan.

4. Fingerprint Terlalu Sensitif

Fitur keamanan realme narzo 30A sangat lengkap. Yang paling primitif ada pola garis-garis, lalu ada pemindai wajah. Ada juga pemindai sidik jari di bagian belakang. Hanya saja, fitur keamanan yang disebutkan terakhir memiliki masalah serius.

Sensor sidik jari ponsel ini sangat sensitif. Ketika dimasukkan ke dalam saku celananya, ponsel itu tiba-tiba terbuka beberapa kali. Yakni, saat tangan tak sengaja menyentuh bagian luar saku. Kami beranggapan bahwa ini merupakan sebuah kekurangan dari realme narzo 30A.

Sementara itu, tidak ada pengaturan untuk mengurangi sensitivitas. Masalah ini dapat diatasi dengan memperbarui firmware. Selain itu, respons pemindai sidik jarinya cepat tanpa lag.

5. Kualitas Kamera Biasa

Jangan terkecoh dengan bentuk unit box kamera belakang yang memiliki empat lingkaran. Pasalnya, kamera belakang ponsel ini tidak lebih dari 2 plus satu lampu flash. Lensa utama memiliki resolusi 13 MP, f/2.2; Sedangkan lingkaran lainnya adalah lensa monokrom 2 megapiksel, f/2.4.

Konfigurasi lensa utama serta lensa monokrom benar-benar tidak biasa sejak debutnya di Huawei P9 (2017). Secara umum, kamera pendamping utama adalah lensa makro, kedalaman, atau ultra lebar. Tujuan lensa monokrom adalah untuk menangkap foto hitam putih yang lebih baik.

Lensa sudut ultra lebar tentu akan lebih efektif daripada lensa monokromatik. Seperti yang Anda lihat, lensa ultra lebar memungkinkan lebih banyak objek yang dapat ditangkap oleh kamera. Lensa ini penting bagi orang Indonesia yang suka berfoto dengan banyak teman atau saudara.

Selain itu, tombol respon rana tidak terlalu tergesa-gesa. Memotret dari satu gambar ke gambar lainnya membutuhkan waktu 2 hingga 3 detik. Beranjak ke kamera depan, terdapat lensa 8 megapiksel, f/2.0. Kamera depan sangat bagus dalam menangkap detail dan warna yang sangat akurat di siang hari. Kamera depan dan belakang dapat merekam video hingga 1080p pada 30 frame per detik.

Kesimpulan

Itulah ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan realme narzo 30A. Ponsel ini cocok untuk Anda yang ingin tampil beda berkat desain cover belakang yang keren. Kemampuan gamingnya juga bagus untuk menjalankan game masa kini dengan lancar.

Apalagi jika koneksi internet dirutekan melalui WiFi dengan kecepatan 5GHz maka game akan banyak lag. Sering bermain game di ponsel ini tidak menjadi masalah karena baterainya yang jumbo. Namun, Anda harus tahan dengan kemampuan kamera yang biasa-biasa saja.

Leave a Comment