10 Kelebihan dan Kekurangan realme Narzo 50A

Sinet.Id – Kelebihan dan kekurangan realme Narzo 50A patut anda ketahui sebelum membeli smartphone yang di bandrol denga harga Rp 1 – 2 jutaan ini. Terdapat beberapa kelebihan pada ponsel realme Narzo 50A, yaitu pada bagian desain, tampilan, performa, kamera, baterai, dan bagian sensor dan port bawaannya.

Sedangkan pada bagian kekurangan realme Narzo 50A yang perlu anda pertambangkan yakni bobot ponsel yang cukup berat, tidak tahan air, kamera ultrawide absen, dan speakher yang masih didukung dengan speakher mono.

Kelebihan dan Kekurangan realme Narzo 50A

Dibandrol dengan harga murah, tentu ada kelebihan dan kekurangan realme Narzo 50A yang patut anda ketahui. Pada artikel kali ini kami akan memberikan ulasan singkat tentang kelebihan dan kekurangannya menurut versi kami. Berikut selengkapnya.

Kelebihan

Kelebihan dan Kekurangan realme Narzo 50A

Dalam catatan kami, ada enam hal atau keunggulan menarik yang ditawarkan realme narzo 50A. Jumlahnya sangat mengesankan untuk kategori harganya. Lantas, apa saja kelebihan dari HP realme Narzo 50A tersebut? Berikut penjelasannya.

1. Desain

Topik pertama dalam pembahasan kelebihan dan kekurangan realme Narzo 50A yakni pada bagian desainnya. Untungnya, ponsel ini memiliki desain yang cukup apik dan memberikan kesan elegant meski dibandrol dengan harga Rp 1 – 2 jutaan saja yang menjadikan salah satu kelebihannya.

Tidak ada perubahan desain besar pada Narzo 50A dibandingkan pendahulunya. Properti layar masih dipertahankan dalam pola tetesan air. Namun, realme tetap memberikan sentuhan baru yang membuat narzo 50A tampil lebih segar.

Sentuhannya ada pada modul kamera belakang berwarna hitam. Modul kamera ini berukuran lebar, sehingga tidak hanya menampung viewfinder saja. Ada logo “narzo” dan pemindai sidik jari yang terpasang di dalam unit. Desain modul kamera belum pernah digunakan oleh realme pada ponsel-ponsel mereka sebelumnya.

Setelah itu, gaya garis-garis diagonal seperti Narzo 30A masih ada. Namun, bagian tersebut diperkecil dan diposisikan sejajar dengan modul kamera. Sementara itu, setengah dari area cover belakang yang tidak terkena pola garis miring, polos dengan hasil akhir matte.

2. Tampilan

Mereview tampilan juga perlu kami lakukan untuk mengetahui apakah ini menjadi kelebihan atau kekurangannya. realme menyertakan layar IPS LCD untuk layar Narzo 50A. Layar ini sangat lebar, 6,5 inci, dengan resolusi HD+ (720 x 1600 piksel). Kecepatan refresh juga dikenal sebagai kecepatan refresh standar, 60 Hz.

✔️  10 Kelebihan dan Kekurangan realme x3 SuperZoom

Resolusi yang hanya HD+ tidak menjadi masalah. Resolusi yang lebih rendah justru dapat menurunkan kinerja SoC dan membuat HP lebih hemat energi. Bahkan layar ponsel ini sebenarnya dapat memutar video YouTube hingga 1440p (2K) 60fps.

3. Performa

Realme narzo 50A ditenagai oleh rangkaian game kelas menengah yang biasa digunakan oleh banyak smartphone. SoC sangat populer karena mampu menawarkan performa yang lumayan. SoC yang dimaksud adalah MediaTek Helio G85.

Disegmen dapur pacu, Narzo 50A, Helio G85 dengan RAM 4 GB dan memori internal eMMC 5.1, baik 64 GB atau 128 GB, dipadu. Berdasarkan tes yang dilakukan oleh saluran YouTube GontaGantiHape, skor AnTuTu 8 narzo 50A mencapai 208 ribu.

Hasilnya lumayan bagus untuk sekelas hp gaming murah. Namun, skor benchmark sintetis seperti AnTuTu 8 terkadang tidak menggambarkan performa ponsel yang sebenarnya dalam penggunaan sehari-hari.

4. Kamera

Hal yang patut dan tidak bisa dilewatkan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan realme narzo 50A yakni mengecek kameranya. realme meningkatkan spesifikasi kamera pada narzo 50A. Kamera utama ponsel ini adalah 50MP dengan aperture f/1.8.

Sedangkan pada bagian kamera utama disertai dengan kamera makro dan lensa kedalaman sama-sama beresolusi 2 MP, f/2.4. Dikisaran ponsel seharga Rp 1 – 2 jutaan, tentu spesifikasi kamera tersebut menjadikan salah satu kelebihan dari hp realme narzo 50A.

Sebelumnya, Narzo 30A hanya dibekali kamera utama 13 megapiksel, slot lensa f/2.2 serta depth sensor 2 megapiksel, slot lensa f/2.4 di sektor belakang. Meski demikian, kamera depan Narzo 50A masih sama dengan pendahulunya, yakni 8 MP, f/2.0.

5. Baterai

realme narzo 50A kembali mengemas baterai sebesar pendahulunya. Baterai yang diusungnya berkapasitas 6000 mAh. Baterai lithium polymer ini didukung oleh teknologi fast charging 18W dan reverse charging.

Realme mengklaim bahwa daya tahan baterainya sangat bagus. Pasalnya, baterai 6000mAh mampu membuat Narzo 50A bertahan selama 27 jam saat digunakan memutar video YouTube. Daya tahannya membengkak hingga 111 jam saat menggunakan ponsel untuk memutar musik di Spotify.

Baterai realme narzo 50A turun sebesar 6% saat digunakan untuk bermain Mobile Legends, kurang dari 8% saat digunakan untuk bermain PUBG Mobile, dan 10% saat digunakan untuk bermain Genshin Impact. Setiap permainan dimainkan selama 30 menit.

✔️  10 Kelebihan dan Kekurangan Poco M3 Pro 5G

6. Sensor dan Port

realme narzo 50A dilengkapi dengan sensor yang sangat lengkap. Mulai dari sensor sidik jari, akselerometer, cahaya, proximity, hingga kompas. Sayangnya, belum ada giroskop dan NFC.

Sedangkan ponsel 4G ini sudah menggunakan port UBS C dan masih menawarkan audio jack 3.5mm. Anda juga tidak perlu membeli adaptor USB C to audio jack saat ingin menggunakan earphone berkabel. realme narzo 50A juga dilengkapi dengan dua slot nanoSIM serta slot microSD khusus. Kartu microSD terbesar yang dapat dipasang adalah 256 GB.

Kekurangan

realme Narzo 50A

Sebuah smartphone tidak bisa terlihat sempurna dalam semua aspek, itu adalah hal yang normal. Ketika ada surplus, pasti ada juga kekurangan. Namun, beberapa hal yang dijelaskan di bawah ini bersifat subjektif. Anda mungkin setuju, atau Anda mungkin tidak mentolerirnya.

1. Berat dan Tebal

Biasanya ponsel menjadi berat saat baterainya besar. Ya, dengan baterai 6000mAh, realme narzo 50A memiliki bobot 207 gram. Angka ini 2 gram lebih berat dari berat Narzo 30A.

Dengan layar hanya 6,5 ​​inci, Narzo 50A membuat kesan lebih berat saat digenggam. Ponsel lain dengan area layar yang lebih lebar mungkin tidak terasa seperti itu, meski bobotnya sama.

Secara sederhana, benda dengan dimensi yang lebih pendek tampak lebih berat daripada benda lain yang lebih panjang, meskipun keduanya memiliki berat yang sama. Hal ini karena titik tumpu massa pada benda yang lebih tinggi terdistribusi secara merata.

Semakin berat ponsel, semakin cepat tangan lelah saat memegangnya dalam waktu lama. Selain sangat berat, realme narzo 50A juga tebal: 9,6 mm. Namun, ketebalan ini telah berkurang 0,02 mm dibandingkan dengan Narzo 30A.

2. Tidak Tahan Air

realme memberlakukan tes ketat untuk memeriksa kualitas akhir narzo 50A. Ada lebih dari 320 jenis tes. Salah satunya adalah uji penggunaan pada kondisi suhu tinggi dan kondisi kelembaban tinggi, masing-masing untuk jangka waktu 14 hari.

Semua pengujian dilakukan untuk memastikan daya tahan ponsel saat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Namun belum diketahui apakah ponsel ini memiliki sertifikasi desain atau tahan percikan seperti IP53, IP52 atau IPX4. Karena itu, Anda tidak boleh mencoba membilas Narzo 50A dengan air.

✔️  Review 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M22

3. Kamera Ultrawide Absen

Para penguji memuji kualitas pencitraan kamera realme narzo 50A. Kamera utama dan depan mampu menghasilkan foto yang bagus dalam pencahayaan yang cukup. Kamera makro juga berkinerja baik sesuai dengan kapasitasnya.

Hanya saja, ponsel ini tidak bisa mengambil foto dengan sudut pandang lebar karena tidak memiliki kamera sudut ultra lebar. Kamera ultra lebar ini tentunya memiliki peran yang jauh lebih besar dibandingkan kamera makro atau depth sensor.

Pasalnya, selain kemampuan menghasilkan gambar wide-angle, kamera ultra high resolution ini bisa menggantikan peran kamera makro untuk memotret objek close-up. Sedangkan tanpa depth sensor, ponsel masa kini bisa menghasilkan foto bokeh dengan mengandalkan kamera utama dan kecerdasan buatan.

4. Speaker Mono

Beberapa produsen HP menyadari pentingnya mengonfigurasi speaker ganda (stereo). Karena speaker stereo dapat memberikan pengalaman terbaik saat pengguna menonton video atau bermain game. Oleh karena itu, HP-HP dengan speaker stereo mulai muncul di kategori harga 1-2 jutaan.

Sayangnya speaker yang dimiliki Narzo 50A masih single alias mono, dan terletak di sebelah kanan port USB C. Menurut channel YouTube GontaGantiHape, suara yang dihasilkan speaker HP ini tidak terlalu kuat dan tidak terlalu keras. . Namun, kekuatannya cukup. Volumenya juga dikontrol agar tidak berbunyi pada volume tertinggi.

Kesimpulan Kami

Itulah beberapa ulasan kelebihan dan kekurangan realme narzo 50A. realme narzo 50A merupakan kelanjutan dari narzo 30A. Ponsel yang menawarkan kemampuan mumpuni dalam hal performa dan daya tahan baterai. Namun, pada narzo 50A, realme juga membuat peningkatan signifikan di sektor fotografi.

Ini membuat Narzo 50A sempurna untuk diandalkan dalam menangkap momen penting. Dengan pecahan Rp 2 juta, ponsel ini menjadi pilihan menarik yang tidak boleh dikesampingkan. Namun, Anda juga harus tahan dengan beberapa hal yang tidak dimiliki ponsel ini.

Dari kamera HD, speaker stereo dan sertifikasi anti-percikan. Bobot ponsel ini juga cukup berat karena baterainya yang besar. Di sisi lain, jika catatan itu tidak terlalu bagus, realme narzo 50A masih layak untuk anda beli.

Leave a Comment