10 Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 9 Pro

Sinet.Id – Menurut versi kami, ada sepuluh kelebihan dan kekurangan redmi note 9 pro yang perlu anda ketahui. Tujuh diantaranya menjadi kelebihannya, dan tiga diantaranya adalah kekurangannya. Kelebihan redmi note 9 pro tersebut bisa anda temui pada bagian layar yang besar, serta tampilan bodinya yang memukau.

Selain itu, tersedia uga chipset bertenaga yang didukung dengan kapasitas RAM besar. Selain itu, terdapat juga baterai jumbo yang dapat mendukung aktifitas harian anda saat menggunakan ponsel tersebut untuk bermain game ataupun sekedar bermain media sosial.

Sedangkan kekurangan redmi note 9 pro tersebut bisa yakni pada bagian refresh rate layarnya yang masih 60 Hz, terdapat beberapa isu BloatWare, dan dirasa kurang nyaman saat menggenggam ponsel tersebut. Namun bukanlah hal yang menjadi masalah, tergantung dari sudut pandang anda.

Nah, pada artikel kali ini kami akan mengulas satu – persatu apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan redmi note 9 pro tersebut. Namun sebelum itu simak terlebih dahulu spesifikasi menarik yang ditawarkan redmi note 9 pro pada tabel dibawha ini.

Spesifikasi Redmi Note 9 Pro

Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 9 Pro

Spesifikasi Redmi Note 9 Pro
Layar IPS LCD 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 720G
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 5 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5020 mAh

 | 

Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 9 Pro

Setelah mengetahui beragam spesifikasi yang ditawarkan redmi note 9 pro pada tabel diatas. Mari kita bahas selengkapnya apa saja kelebihan dan kekurangan redmi note 9 pro pada pembahasan berikut ini.

Kelebihan

Sudah siap menyaksikan fitur unik dari kelebihan Redmi Note 9 Pro? Apa saja fitur yang ditawarkannya yang membuat ponsel ini layak untuk dilihat sekali? Simak fitur kelebihan Redmi Note 9 Pro berikut ini!

1. Layar Berukuran Besar

 

Kelebihan redmi note 9 pro terletak pada bagian layarnya yang cukup lebar. Dibandingkan varian biasa, ukuran layar Redmi Note 9 Pro lebih besar, yakni 6,67 inci. Meski masih menggunakan panel IPS LCD, setidaknya tingkat kecerahan maksimum yang bisa dicapai sangat tinggi.

Saat slider digeser secara manual, Redmi Note 9 pro bisa mencapai 456 nits sedangkan mode otomatis bisa mencapai kecerahan maksimal 616 nits. Resolusinya Full HD+ (1080 x 2400 piksel) dan kerapatan piksel 395 piksel per inci. Tidak hanya itu, lisensi Widevine L1 memungkinkan Anda menonton Netflix dalam 1080p HD. Tampilan yang membanggakan pada Redmi Note 9 Pro.

✔️  9 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Poco X3 Pro

2. Hadir dengan Chipset Bertenaga

 

Wajar saja dikategorikan hp gaming murah. Kemampuan mengangkat game berat adalah fitur ponsel yang diimpikan semua orang. Karena meski Anda bukan seorang gamer, performa chipset yang mumpuni juga dapat memperlancar aktivitas sehari-hari sehingga ponsel Anda tidak mudah lemot.

Kelebihan Redmi Note 9 Pro hadir dengan chipset Snapdragon 720 G dengan manufaktur 8nm dan prosesor grafis berbasis Adreno 618. Chipset ini pasti cukup kuat untuk memainkan banyak game berat dan aktivitas modern seperti mengedit foto atau video, dan Anda juga dapat memainkan PUBG Mobile atau sejenisnya dengan FPS yang halus dan grafis yang luar biasa.

3. Tampilan Bodi yang Memukau

 

Tampilan bodinya yang memukau juga menjadi salah satu kelebihan redmi note 9 pro. Bodi Redmi Note 9 Pro pertama kali diperkenalkan pada Redmi Note 7 dengan penutup belakang kaca yang terlihat glossy. Bodinya juga sudah dilengkapi Corning Gorilla Glass 5 di bagian depan dan belakang.

Di bagian belakang, terdapat pengaturan quad-camera di tengah, berbeda dengan ponsel lain pada umumnya yang memiliki kamera di sudut kiri atas. Desain simetris ini sama dengan Redmi Note 8 Pro, menghasilkan tampilan simetris yang unik dan eye-catching.

4. Baterai Jumbo

 

Jangan biarkan keseharian Anda terganggu oleh kapasitas baterai yang kecil. Kelebihan Redmi Note 9 Pro yang memiliki kapasitas 5020mAh, dijamin ponsel akan bertahan seharian penuh. Laman PhoneArena menyebutkan bahwa Redmi Note 9 Pro bisa digunakan untuk bermain game 3D selama 10 jam 56 menit.

Durasi ini mengalahkan Redmi Note 9 sebanyak 7 jam 34 menit. Sementara itu, model Pro ini juga diperkenalkan dengan kapasitas pengisian cepat 30W. Anda perlu membeli pengisi daya 30W karena pabrikan hanya menyediakan pengisi daya 18W yang membutuhkan waktu sekitar 2 jam ekstra untuk terisi penuh.

Dalam video uji coba yang diunggah InfoFull, pengisian daya hingga 50% hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Sementara itu, dibutuhkan 84 menit untuk mengisi daya hingga 100%.

5. Memiliki Fitur NFC

 

Tahukah Anda beberapa fungsi NFC yang membuatnya populer di kalangan sebagian orang? Singkatnya, Near Field Communication memudahkan Anda untuk mentransfer data antar perangkat tanpa harus melalui proses pairing seperti saat menggunakan Bluetooth.

✔️  Review 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A31

Selain itu, Anda juga dapat melakukan transaksi di perangkat digital menggunakan NFC. Mengingat fitur NFC ini tidak dibutuhkan oleh banyak orang Indonesia, tidak semua ponsel menawarkan fitur ini. Bahkan Redmi Note 9 hanya memiliki fitur NFC di beberapa negara, dan tidak diperkenalkan ke Indonesia.

Nah, jika Anda sedang mencari fitur NFC di ponsel Anda, maka Anda bisa memilih Redmi Note 9 Pro yang mempunyai kelebihan seperti hadirnya NFC. Fitur ini juga hadir di semua model yang mereka rilis, jadi Anda tidak perlu khawatir salah membeli model.

6. Kapasitas RAM Besar

 

Setelah Anda membuka banyak aplikasi sangat dekat, ponsel biasanya akan mulai melambat kecuali Anda menutup beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang. Hal ini biasa terjadi pada ponsel dengan RAM kecil. Di era saat ini, sebaiknya pilih ponsel dengan RAM minimal 4GB.

Nah untuk kelebihan Redmi Note 9 pro sendiri, RAM yang ditawarkan lebih besar yakni 6GB. Ini adalah yang terbesar ketiga setelah 8GB dan 12GB, dan Redmi Note 9 Pro pasti kuat untuk mendukung aktivitas multitasking.

Selain RAM besar, memori internal yang menyertainya juga 128GB dengan teknologi UFS 2.1. Alhasil, menginstal banyak aplikasi tidak lagi menjadi masalah. Jangan lupa, Anda juga bisa menambahkan kartu microSDXC di slot khusus sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan kartu SIM kedua.

7. Hasil Kualitas Kamera Cukup Bagus

 

Sebagai ponsel 2020 di segmen harga mid-range, kelebihan Redmi Note 9 Pro tampaknya dibekali kamera utama dengan resolusi yang cukup besar. Konfigurasi kamera quad dapat membuat Anda mengambil gambar dengan mode yang berbeda.

Sebagai informasi, resolusi keempat lensa tersebut adalah 64 MP (wide), 8 MP (ultra wide), 5 MP (macro), dan 2 MP (depth). Lensa ini merupakan peningkatan dari alternatif biasa karena lensa utama hanya memiliki 48MP. Lensa makro pada varian Pro juga sebesar 5 megapiksel dan mampu mengambil foto close-up hingga jarak 2 cm.

Sementara itu, lensa sudut ultra lebar mampu mencapai bidang pandang 119 derajat lebih luas. Berikut beberapa sample kamera yang diambil dari beberapa sumber.

Kekurangan

Meski hadir dengan banyak fitur canggih seperti chipset yang mumpuni dan baterai yang besar, Redmi Note 9 Pro sepertinya memiliki beberapa kekurangan yang perlu Anda ketahui.

✔️  Review 8 Kelebihan dan Kekurangan Realme 8 Pro

1. Hanya Memiliki Refresh Rate 60 Hz

 

Pada bagian refresh rate menjadi kekurangan redmi note 9 pro. Layar pada Redmi Note 9 Pro dikatakan memiliki tingkat kecerahan yang sangat baik. Sayangnya, layar belum mendukung kecepatan refresh di atas 60Hz.

Bahkan, dengan refresh rate seperti 90Hz, animasi gerakan layar akan terlihat lebih halus dan akan meningkatkan pengalaman Anda menonton atau bermain game.

2. Isu Bloatware

 

Selain beberapa spesifikasi yang dibahas, kini saatnya beralih ke OS. Redmi Note 9 Pro hadir dengan MIUI 11 yang berbasis sistem operasi Android 10. Meski hadir dengan fitur-fitur terbaru seperti Dark Mode dan Smart Reply, MIUI 11 sebenarnya memiliki banyak aplikasi ketiga yang tidak bisa dihapus.

Akibatnya, sebagian kapasitas memori internal aplikasi ini akan selalu habis. Memang, Redmi Note 9 Pro memiliki banyak memori internal, tetapi keberadaan bloatware masih menghalangi Anda untuk menginstal lebih banyak aplikasi yang Anda inginkan.

3. Kurang Nyaman Digenggam

 

Namanya juga smartphone, sudah seharusnya menjadi salah satu barang yang tidak pernah tertinggal di rumah. Oleh karena itu, HP harus memperhatikan aspek portabilitas juga agar mudah dibawa kemana-mana dan pas di kantong. Sedangkan untuk kekurangan Redmi Note 9 Pro yang sama dengan bobot 209 gram.

Ponsel ini mungkin tidak nyaman digenggam dalam waktu lama. Bahan tersebut membuat bagian belakang ponsel mudah terkontaminasi sidik jari, akibatnya jika sering disentuh harus rajin membersihkannya. Untungnya, ponsel ini juga dilengkapi dengan soft case dari pabrikan.

Kesimpulan

Bagaimana dengan kelebihan dan kekurangan Redmi Note 9 Pro yang Anda baca tadi? Menyenangkan bukan? Ponsel ini telah dinilai sebagai salah satu yang terbaik di kelasnya jika Anda menginginkan performa gaming yang luar biasa. Selain itu, baterai besar ini juga mendukung pengisian cepat 30W yang sangat cepat.

Ponsel ini benar-benar jawaban atas doa para gamer, apalagi mengingat harganya yang masih terjangkau. Namun di balik itu, ada juga beberapa kelemahan seperti bobotnya yang berat dan masalah bloatware yang mengintai.

Leave a Comment