10 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Pova 2

Sinet.Id – Kelebihan dan kekurangan Tecno Pova 2 menjadi topik menarik untuk dibahas. Ponsel ini memiliki kelebihan dari segi desain yang menarik, layar yang responsif, performa yang menjanjikan, baterai jumbo, antarmuka yang bersih, dan masih banyak lagi.

Sementara sesuatu yang disangka kekurangan dari ponsel Tecno Pova 2 tersebut terletak pada bagian bodi yang terlalu besar dan licin, absennya kamera ultrawide, dan absennya speakher khusus seperti ciri khas bawaan Tecno.

Nah, pada artikel kali ini tim kami akan menjelaskan satu – persatu apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan Tecno Pova 2 menurut varsi kami. Namun sebelum itu, kami mempunyai sajian spesifikasi Tecno Pova 2 yang cukup berpengaruh pada kinerja ponsel ini.

Spesifikasi Tecno Pova 2

Kelebihan dan Kekurangan Tecno Pova 2

Spesifikasi Tecno Pova 2
Chipeset MediaTek Helio G85.
CPU Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55).
GPU Mali-G52 MC2.
RAM 6GB.
Memori Internal 128GB.

 | 

Kelebihan dan Kekurangan Tecno Pova 2

Melihat sekilas dari tabel spesifikasi Tecno Pova 2 diatas, ponsel ini memang sangat menarik dan terbilang istimewa dikelasnya. Namun masih ada berbagai kelebihan dan kekurangan Tecno Pova 2 yang perlu anda ketahui untuk menjadi pertimbangan sebelum memberlinya.

Kelebihan

Smartpone kelas menengah yang dibanderol dengan harga Rp 2 jutaan ini biasanya memiliki beberapa keunggulan tersendiri. Baik itu dari segi performance, fotografi, dll. Poin-poin berikut akan menjelaskan aspek mana saja yang menjadi fitur kelebihan Tecno Pova 2.

1. Desain Menarik

Kelebihan dan Kekurangan Tecno Pova 2

Desain yang menarik merupakan salah satu kelebihan Tecno Pova 2. Tecno melakukan perubahan radikal pada desain Tecno Pova 2. Jika pada model sebelumnya Tecno masih malu-malu mengungkap identitas seri Pova, kini pada Pova 2 identitas tersebut ditonjolkan.

Ya, kini logo “Pova” di sampul belakang ponsel ini telah dicetak dengan ukuran yang lebih besar dari logo merek Tecno. Tidak ada alasan lain yang lebih masuk akal selain membuat orang lebih mengenal jajaran ponsel Tecno.

Pendekatan ini diambil oleh Tecno ketika merilis Tecno Spark 7 Pro. Pada ponsel ini, logo “Spark” dicetak dalam font besar. Aspek menarik dari desain Pova 2 melanjutkan tekstur garis-garis diagonal yang menghasilkan tampilan yang keren. Menurut kami, tekstur ini terlihat lebih ringan pada varian warna Dazzle Black dari Polar Silver.

Varian Dazzle Black lebih menarik karena di bagian tengah cover belakang terdapat semacam garis pemisah yang bisa memancarkan warna pelangi. Pada varian Polar Silver juga terdapat garis tengah, namun warnanya campuran abu-abu, silver dan putih.

Dimensi ponsel ini adalah 173,3 x 78,8 x 9,6 mm. Tecno tidak menjelaskan berapa gram berat HP. Namun, situs Gadget Snow dan Manila Shaker mengatakan Pova 2 memiliki berat 185 gram. Jika benar, ponsel ini terbilang ringan karena memiliki layar yang lebar dan baterai yang besar.

2. Layar Responsif

Kelebihan dan Kekurangan Tecno Pova 2

Kelebihan Tekno Pova 2 juga dibekali layar dengan panel IPS LCD, seperti halnya Tecno Pova. Namun, ukurannya kini bertambah 0,1 inci menjadi 6,9 inci. Resolusi juga meningkat dari HD+ menjadi Full HD+ (1080 x 2460 piksel).

Peningkatan resolusi berdampak pada detail konten yang lebih baik. Tingkat kontras dan sudut pandang juga kurang pelit. Namun, penggunaan di luar ruangan masih dimungkinkan karena layar Pova 2 memiliki kecerahan maksimum 480 nits. Yang istimewa dari layar ponsel ini adalah touch sampling rate yang tembus hingga 180Hz.

Berkat kecepatan pengambilan sampel sentuh, layarnya responsif. Hampir tidak ada penundaan antara sentuhan dan tindakan yang ditampilkan di layar. Ini akan sangat berguna jika Anda seorang gamer. Refresh rate atau kecepatan refresh Pova 2 masih standar, yaitu 60Hz.

✔️  Review 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A12

3. Performa Menjanjikan

Kelebihan dan Kekurangan Tecno Pova 2

Kelebihan Tecno Pova 2 ditenagai oleh chipset MediaTek Helio G85. Chipset dengan litografi 12nm ini sudah sangat populer karena banyak hp gaming murah kelas menengah yang menggunakannya. Maka tak heran jika di Pova 2 sudah terpasang tagline “Play Unlimited”.

Helio G85 memiliki dua cluster CPU dalam konfigurasi 2-6. Artinya, ada core performa Cortex A75 (2,0 GHz) yang dipasangkan dengan enam core Cortex A55 hemat energi (1,8 GHz). Selain itu, juga terdapat GPU Mali-G52 MC2 (1 GHz). SoC MediaTek ini kemudian dipadukan dengan RAM 6 GB dan memori internal 128 GB.

Di atas kertas, Tecno Pova 2 mampu menghasilkan performa yang mumpuni berbekal komponen tersebut. Berdasarkan pengujian AnTuTu 9, ponsel ini mencetak skor total 251.859. Skor tersebut adalah empat peringkat, dua di antaranya adalah kinerja CPU (67426) dan kinerja GPU (56978).

Tecno Pova 2 setara dengan ponsel kelas menengah lainnya. Lantas apakah angka ini juga berpengaruh baik pada kondisi nyata? Jawabannya iya. Karena mampu menjalankan game PUBG Mobile dengan lancar di ponsel ini dalam pengaturan grafis HD.

Kami menguji lebih banyak game. Mulai dari Ragnarok X, League of Legends: Wild Rift, Genshin Impact, Marvel Revolution, Black Desert Mobile, Marvel Super War dan Mobile Legends. Hasilnya, sebagian besar game dapat berjalan pada 30 frame per detik dengan pengaturan grafis sedang hingga tinggi.

Ada dua game yang bikin Tecno Pova 2 melelahkan, Genshin Impact dan Marvel Revolution. Kedua game ini memaksa Pova 2 untuk berjalan pada pengaturan grafis terendah. Jika tidak, itu akan melambat. Ini normal untuk smartphone kelas menengah karena Genshin Impact sangat berat.

Bahkan smartphone unggulan dapat mengalami kegagapan tetapi tidak banyak. Hal yang paling menarik dari kemampuan gaming Tecno Pova 2 adalah tersedianya aplikasi pengoptimalan bernama Game Space. Aplikasi ini meminimalkan gangguan seperti panggilan masuk, notifikasi, dll.

Salah satu fitur hebat Game Space adalah Panel Asisten Game. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melakukan aktivitas lain sambil bermain. Sederhananya, fitur ini ada dan merupakan panel kecil di sisi layar yang memungkinkan pengguna untuk mengakses beberapa aplikasi, termasuk aplikasi chatting.

Berdasarkan pengujian ini, dapat dikatakan bahwa Pova 2 baik-baik saja untuk bermain game. Lalu bagaimana dengan performa harian? Beberapa penguji kami mengklaim bahwa penggunaan sehari-hari ponsel ini sangat lancar. Seperti mengirim pesan, media sosial, hingga siaran langsung.

4. Baterai Mantap

Kelebihan dan Kekurangan Tecno Pova 2

Kelebihan Tecno Pova 2 selanjutnya terletak pada segmen baterai. Baterai berkapasitas 7000 mAh di Tecno Pova 2 memang “gila”. Nama tersebut tidak berlebihan mengingat standar baterai smartphone saat ini berada di kisaran 4.000 mAh.

Tidak banyak ponsel yang memiliki baterai 7000 mAh. Dengan kapasitas tersebut, Pova 2 memiliki bekal yang besar untuk bertahan lebih lama. Namun, kapasitas baterai bukan satu-satunya faktor yang menentukan berapa lama ponsel bisa bertahan.

Ini juga mempengaruhi konsumsi daya komponen telepon dan sistem manajemen daya. Bahkan, baterai Tecno Pova 2 tahan lama. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, ponsel ini mampu bertahan hingga tiga hari (69 jam) dengan penggunaan normal.

Pendekatan penggunaan wajar mencakup media sosial, streaming video melalui WiFi, terkadang saat bermain game. Sementara itu, daya tahan baterai Tecno Pova 2 dengan memainkan sejumlah game selama tiga jam. Game yang dia mainkan antara lain Mobile Legends, Call of Duty, dan Honkai Impact.

✔️  10 Kelebihan dan Kekurangan realme x3 SuperZoom

Alhasil, kapasitas baterai ponsel turun dari 99% menjadi 66% selama tiga jam bermain. Jadi rata-rata, setiap jam bermain game hanya menghabiskan sekitar 11% daya baterai Anda.

Baterai 7000 mAh di ponsel ini didukung oleh teknologi pengisian daya 18W. Dibutuhkan waktu 3,5 jam untuk mengisi baterai HP ini dari kosong hingga penuh, menggunakan charger bawaan.

5. Giroskop Ada

Kelebihan Tecno Pova 2 menghadirkan sensor yang sepenuhnya lengkap. Ada sensor standar seperti accelerometer, light, proximity dan compass. Ada juga pemindai sidik jari yang sangat biasa untuk ibu jari karena diletakkan di tombol power.

Menariknya, ponsel ini dilengkapi dengan sensor giroskop fisik dan bukan perangkat lunak. Hal ini memungkinkan pemain untuk mengarahkan karakter mereka hanya dengan memiringkan ponsel. Sensor giroskop dapat melakukan hal yang sama, tetapi responsnya tidak secepat dan seakurat giroskop fisik.

Satu-satunya hal yang disayangkan tentang Tecno Pova 2 adalah kurangnya NFC. Ya, ponsel Pova 2 yang dijual di Indonesia tidak memiliki chip NFC, meski versi global telah menggunakannya.

6. Konektivitas Lengkap

Tecno Pova 2 belum mendukung 5G. Chipset MediaTek Helio G85 yang dimilikinya hanya memiliki modem internal 4G saja. Namun sangat dimaklumi jika ponsel ini tidak mendukung jaringan 5G karena ponsel merek lain di kategori harga juga sama.

Namun, kelebihan Tecno Pova 2 memiliki fitur konektivitas yang cukup lengkap. Untuk WiFi, ponsel ini dapat terhubung pada frekuensi 2.4GHz atau 5GHz. Bluetooth menggunakan generasi kelima yang menghemat energi saat digunakan untuk mendengarkan lagu melalui TWS.

Ponsel ini juga mendukung USB On-The-Go dan memiliki radio FM. Fitur terakhir ini mulai menghilang dari peredaran, terutama smartphone kelas atas dan menengah.

7. Antarmuka Bersih

Kelebihan Tecno Pova 2 menggunakan antarmuka HiOS 7.6 berbasis Android 11. Sejumlah penguji juga mengapresiasi antarmuka yang digunakan ponsel ini. Pasalnya, cukup bersih dan mampu memberikan pengalaman mulus dalam penggunaan sehari-hari.

Tecno HiOS 7.6 menawarkan berbagai fitur hebat. Misalnya, ada Vault 2.0 yang menyembunyikan aplikasi dan konten galeri Anda. Ada fitur lain bernama Let Switch yang berguna untuk mentransfer semua file dari ponsel lama ke ponsel baru.

Yang paling unik adalah fitur Voice Changer. Seperti namanya, fitur ini dapat mengubah suara Anda, baik saat menelepon maupun saat bermain game. Suara pria bisa diubah menjadi suara wanita, keren kan?

Kekurangan

Tidak ada smartphone yang sempurna untuk semua orang. Smartphone pasti memiliki catatan tertentu yang bisa dibilang kekurangan. Berikut adalah beberapa catatan penting dari kekurangan Tecno Pova 2.

1. Besar dan Licin

Besar dan licin menjadi anggapan kekurangan Tecno Pova 2. Dimensi yang diukur tidak dapat berbohong bahwa Tecno Pova 2 adalah HP yang hebat. Ini adalah efek yang tak terhindarkan ketika ponsel diberikan tampilan layar lebar.

Jika Anda adalah orang dengan tangan kecil, kemungkinan besar Anda akan kesulitan menggunakan ponsel ini dengan satu tangan. Hal lain yang perlu diperhatikan dari desain HP ini adalah cover belakangnya. Varian warna hitamnya yang mempesona keren banget.

Namun, alternatif ini lebih mudah kotor karena menggunakan finishing glossy. Varian ini rentan terhadap file sidik jari. Selain itu, varian Dazzle Black mulus. Hal ini membuat ponsel lebih mudah terlepas dari genggaman, atau saat diletakkan di permukaan yang tidak rata.

Jika kotoran dan kehalusan merupakan masalah penting, Anda akan lebih baik memilih opsi Polar Silver. Alternatif ini memiliki penutup belakang dengan hasil akhir matte yang tidak licin dan tidak mudah luntur. Hanya saja jika Anda menyukai varian Dazzle Black, ada baiknya untuk memasangkan softcase yang disertakan dengan paket penjualan.

✔️  10 Kelebihan dan Kekurangan realme Narzo 50A

2. Kamera Ultrawide Tidak Ada

Tecno Pova 2 memiliki empat kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 48MP, f/1.9. Kemudian, tiga kamera lagi, kamera makro 2 megapiksel, dan dua sensor kedalaman 2 megapiksel. Empat kamera belakang disertai dengan empat lampu flash. Kamera utama pada Pova 2 dapat merekam video hingga resolusi 2K (1440p pada 30fps).

Sementara itu, kamera depan HP ini memiliki resolusi 8 megapiksel, f/2.0. Kamera depan disertai dengan dua flash dan dapat merekam video hingga resolusi Full HD (1080p pada 30 frame per detik).

Jika melihat konfigurasinya, akan sedikit aneh melihat ada dua depth sensor. Tanpa kedua sensor tersebut, ponsel ini sebenarnya bisa memotret dengan dua kamera belakang yang ada. Memasang kamera beresolusi sangat tinggi pasti akan lebih bermanfaat.

Berbicara tentang performa kamera, Anda bisa mendapatkan gambar yang bagus. Syaratnya, Anda harus bersabar dan mendapatkan cahaya yang cukup. Ini terjadi ketika kamera Pova 2 mencoba mengambil gambar objek dengan tingkat cahaya yang sangat berbeda.

Reproduksi warna dan white balance masih perlu ditingkatkan, karena gambar cenderung lebih kusam daripada warna aslinya. Sementara itu, gambar yang dihasilkan kamera depan tidak terlalu buruk. Namun, detail yang dihasilkan masih hilang.

Oleh karena itu kamera depan HP ini tidak disarankan untuk vlogging, video call masih oke. Masalah kualitas gambar pada kamera HP ini dapat diatasi dengan memperbarui perangkat lunak atau menginstal aplikasi seperti Gcam.

3. Speaker Khusus Absen

Seperti yang disebutkan dalam poin desain, Tecno Pova 2 tidak memiliki speaker khusus. Ia hanya memiliki earpiece yang berfungsi sebagai speaker. Lubang suara terletak di atas lubang kamera depan.

Kurangnya speaker berpemilik jelas mempengaruhi pengalaman HP. Apalagi jika digunakan untuk menonton film atau bermain game. Ini pasti patut diperhatikan.

Pasalnya, banyak ponsel lain di kategori harganya yang sudah menggunakan konfigurasi speaker stereo – speaker khusus dan earphone lain yang berfungsi sebagai speakerphone. Website Astig menyebutkan suara dari earphone HP ini tipis dan lembut.

Jadi, jika Anda adalah orang yang sangat sensitif terhadap kualitas suara, sebaiknya gunakan earphone hanya saat bermain game atau menonton film melalui ponsel ini.

Kesimpulan

Mengutip dari pembahasan kelebihan dan kekurangan Tecno Pova 2 diatas, Ponsel ini diposisikan sebagai ponsel gaming dengan harga terjangkau. Semua komponen yang dibutuhkan untuk menghasilkan performa yang mumpuni ada di sana. Dimulai dengan tampilan responsif, chipset yang kuat, masa pakai baterai yang lama, dan sensor giroskop.

Tecno juga mendukung ponsel ini dengan aplikasi Game Space untuk meningkatkan kenyamanan pengguna saat bermain game. Sayangnya, pengalaman bermain game terbaik di ponsel ini mungkin akan berkurang karena tidak dilengkapi dengan speaker khusus.

Sementara itu, pemain yang juga hobi berfoto tidak perlu terlalu berharap banyak karena kamera Tecno Pova 2 belum bisa bersaing. Di sisi lain, tidak banyak ponsel di kisaran Rp 2 juta yang memiliki kombinasi layar, chipset, baterai, dan perangkat lunak yang bagus seperti Tecno Pova 2.

Jadi, jika Anda seorang gamer dengan anggaran terbatas, maka ponsel ini adalah pilihan yang tepat. pilihan yang layak untuk dilihat. Namun, keputusan akhir tetap di tangan Anda!

Leave a Comment