Review 10 Kelebihan dan Kekurangan ASUS ROG Phone 3

Sinet.Id – Kelebihan dan kekurangan ASUS ROG Phone 3 wajib anda ketahui sebelum membeli ponsel tersebut sebagai pertimbangan. Pada ulasan artikel ini, kami menemukan tujuh kelebihan ASUS ROG Phone 3 dan tiga kekurangan diantaranya.

Kelebihan ASUS ROG Phone 3 diantaranya adalah mempunyai Chipset terbaru dari Snapdragon, mendukung refresh rate yang tinggi hingga 144 Hz, baterai yang jumbo mencapai kapasitas 6000 mAh, dan masih banyak lagi keunggulan dari ponsel gaming ini.

Sedangkan kekurangan ASUS ROG Phone 3 tersebut ialah tidak adanya jaminan anti air dan debu, fast charging yang masih kalah saing dengan hp sekelasnya, dan tidak memiliki Wireless charging. Namun, jika anda mengutamakan hp kencang untuk performa gaming, maka ponsel ini sungguh masuk akal untuk anda beli.

Review Kelebihan dan Kekurangan ASUS ROG Phone 3

Nah, pada artikel kali ini kami akan mengupas tuntas berbagai kelebihan dan kekurangan ASUS ROG Phone 3 satu – persatu beserta spesifikasi menarik yang ditawarkannya. Selengkapnya dapat anda simak pada poin – poin berikut ini:

Spesifikasi ASUS ROG Phone 3

Kelebihan dan kekurangan ASUS ROG Phone 3

Spesifikasi ASUS ROG Phone 3
Layar AMOLED, 6.59 inches
Chipset Qualcomm SM8250 Snapdragon 865+ (7 nm+)
CPU Octa-core (1×3.1 GHz Kryo 585 & 3×2.42 GHz Kryo 585 & 4×1.8 GHz Kryo 585)
GPU Adreno 650
RAM 8 GB, 12 GB, 16 GB
Memori Internal 128/8 GB, 128/12 GB, 256/12 GB, 512/12 GB, 512/16 GB
Kamera Belakang Triple 64 MP + 13 MP + 5 MP
Kamera Depan 24 MP
Baterai Non-removable Li-Po 6000 mAh

 | 

Kelebihan ASUS ROG Phone 3

Kelebihan dan kekurangan ASUS ROG Phone 3

Tidak mengherankan jika kelebihan di bawah ini sangat menggiurkan. Karena ya, ASUS ROG Phone 3 sudah dilengkapi dengan inovasi yang jarang dimiliki oleh ponsel termahal lainnya. Berikut adalah beberapa poin berharga.

1. Chipset Terbaru dari Snapdragon

Sebagai salah satu hp terbaik untuk PUBG dengan grafik extreme, kami sangat antusias mereview kelebihan dan kekurangan ASUS ROG Phone 3 pada sektor performa dan chipset bawaannya.

Performa merupakan hal terpenting bagi sebuah hp gaming seperti asus rog. Itu sebabnya ASUS ROG Phone 3 menjadi salah satu perusahaan pertama yang dilengkapi dengan chipset terbaru Snapdragon, snapdragon 865+.

Ini jelas merupakan peningkatan tajam atas ASUS ROG Phone 2 yang menawarkan “hanya” Snapdragon 855+. Dengan slide set tercanggih di dunia, ASUS ROG Phone 3 benar-benar menawarkan pengalaman bermain game ke level berikutnya.

Dibandingkan dengan Snapdragon 865 normal yang menawarkan kecepatan 2.96 GHz, varian Plus kini telah mencapai kecepatan per jam 3.1 GHz pada prosesor Kryo 585.

ASUS ROG Phone 3 sendiri juga hadir dengan X Mode, yang dapat meningkatkan performa. Berdasarkan hasil standar yang diberikan GSMArena, ponsel gaming canggih ini berhasil menempati posisi pertama di AnTuTu v8.

Telepon mendaftar antara 601858 dan 621932, tergantung pada tingkat Mode X yang digunakan. Hasil ini mengungguli oppo Find X2 Pro, yang sebelumnya dinobatkan sebagai smartphone berperforma tertinggi di antara smartphone canggih.

Lantas bagaimana dengan performa aslinya saat bermain game? Tentu tak terkalahkan. Berdasarkan uji video yang dilakukan oleh AllAboutTechnologies, ASUS ROG Phone 3 mampu mengangkat PUBG Mobile dalam pengaturan grafis HDR pada frame rate maksimum.

Kita dapat melihat di video bahwa sesi permainan berjalan lancar dan tanpa penundaan, jadi itu pada kecepatan konstan 55 hingga 60 frame per detik. Dengan performa yang baik ini, tidak ada game atau aplikasi berat yang tidak bisa dimainkan di ASUS ROG Phone 3.

✔️  Review 8 Kelebihan dan Kekurangan Realme 8 Pro

Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan RAM dengan teknologi LPDDR5 hingga 16GB dan memori internal UFS dari 3,1 hingga 512GB! Meskipun tidak ditawarkan dengan slot memori eksternal, berbagai game dan aplikasi yang Anda inginkan dijamin akan diinstal dengan lancar.

2. Mendukung Refresh Rate 144 Hz

Selain performa, review kelebihan dan kekurangan ASUS ROG Phone 3 kami lakukan pada sektor refresh rate yang digunakannya. Untungnya ponsel ini juga ditawarkan dengan layar yang mendukung kebutuhan gaming. ASUS ROG Phone 3 tidak hanya memberikan refresh rate 90 Hz seperti ponsel termahal, tapi 144 Hz!

Tingkat pembaruan sebesar ini dapat membuat pengalaman bermain game lebih imersif karena membuat semua gerakan di layar terlihat mulus. Selain itu, layar ponsel ini juga ditawarkan dengan touch sampling rate 270 Hz.

Ini berarti Anda dapat memberikan input di layar jauh lebih cepat daripada ponsel biasa. Touch sampling rate ini juga menghasilkan ponsel gaming yang memiliki waktu transmisi sentuh hingga 25 milidetik.

Untuk tingkat kecerahan, ASUS mengklaim bahwa ponsel ini dapat mencapai maksimum 650 candle per meter persegi. Namun, percobaan dari GSMArena mengungkapkan bahwa ASUS ROG Phone 3 mencapai kecerahan maksimum pada 464 candle per meter persegi dalam kondisi manual pada tingkat pembaruan 144 Hz.

Sementara itu, pada kecepatan refresh yang lebih rendah (60 Hz), kecerahan maksimumnya sedikit meningkat menjadi 475 lilin. Seperti biasa, layar ponsel dapat mencapai kecerahan maksimum saat disesuaikan ke mode otomatis. Misalnya, ASUS ROG Phone 3 mampu mencapai 719 candle per meter persegi pada 144 Hz dan 727 candle per meter persegi pada 60 Hz.

Sayangnya, tingkat kecerahan layar ini bukanlah yang terbaik di industri ponsel, karena masih ada Samsung Galaxy S20 Ultra dengan tingkat kecerahan 894 candle per meter persegi dalam mode otomatis.

Layar pada asus ROG Phone 3 juga didukung oleh TUV Rheinland dan didukung oleh teknologi HDR 10+ yang membuatnya mampu menghadirkan rentang dinamis yang luas. Jangan lupa bahwa ASUS menyediakan layar dengan akurasi warna delta-E kurang dari 1. Ini adalah tingkat akurasi warna tertinggi pada standar industri untuk ponsel, layar, dan TV.

3. Baterai Jumbo 6.000 mAh

Review kelebihan dan kekurangan ASUS ROG Phone 3 berikutnya adalah daya tahan baterai saat digunakan untuk bermain game atau hanya penggunaan sehari-hari. Menggunakan baterai 6000 mAh, gamer reguler dan profesional memastikan bahwa mereka dapat membayar peringkat dengan bebas tanpa diatur waktunya.

Di pasaran, harga high-end sangat jarang yang menawarkan kapasitas sebesar itu, rata-rata hanya menawarkan 4500 mAh atau 5000 mAh. Kapasitas ini juga hadir pada smartphone generasi sebelumnya, ASUS ROG Phone 2 yang sama-sama menawarkan 6000 mAh.

Berdasarkan pengujian gsmArena, ASUS ROG Phone 3 mencapai peringkat pembawaan 120 jam pada tingkat pembaruan 144 Hz. Pada tingkat pembaruan normal (60 Hz), peringkat ini meningkat menjadi 133 jam.

Artinya, tidak ada perbedaan yang signifikan dalam masa pakai baterai di antara keduanya. Selalu disarankan agar Anda mengatur tingkat pembaruan ke angka tertinggi untuk memaksimalkan pengalaman bermain game dan menonton. Bagaimanapun, baterainya sangat mendukung meskipun memberikan tampilan yang lebih halus.

4. Dual Stereo Speaker yang “Nendang”

Beranjak ke bagian Speakher untuk mereview kelebihan dan kekurangan ASUS ROG Phone 3, bermain game tidak akan menyenangkan tanpa suara yang keras dan jernih. Nah, bagi kamu yang sangat peduli dengan suara saat bermain game, ASUS ROG Phone 3 memastikan tidak ada kekecewaan karena hadir dengan dual stereo speaker dengan kualitas suara yang luar biasa.

✔️  Review 9 Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 10 Pro

Bahkan kualitas suara ASUS ROG Phone 3 telah dinilai sebagai salah satu ponsel terbaik di tempatnya, dengan dukungan peningkatan suara Dirac serta Game Mode yang memungkinkan pengguna untuk melacak dari mana musuh berasal dari arah suara itu berasal.

Suara Asus ROG Phone 3 juga meningkat dibandingkan ROG Phone 2 dengan memberikan bass yang lebih powerful. Platform GameFX ponsel ini juga memberikan kualitas suara yang imersif dengan dual speaker depan. Konten, permainan sesi, atau menonton film penuh aksi, Anda akan merasa menarik beberapa kali!

5. Triple Camera dengan Hasil Foto Menakjubkan

Meski dikenal sebagai hp gaming, namun melakukan review kelebihan dan kekurangan ASUS ROG Phone 3 dari sektor kamera perlu juga kami lakukan. ASUS ROG Phone 3 sebagai ponsel yang berfokus pada fotografi menunjukkan bahwa ia memiliki fitur gambar berkualitas tinggi. Ini berkat kombinasi tiga kamera yang disertakan di bagian belakang.

Resolusi lensa utama, sensor Sony IMX686, adalah 64 megapiksel, disertai dengan dua lensa lainnya, kamera ultra lebar 13 megapiksel, dan sensor makro 5 megapiksel.

Sensor ultra lebar ini mampu mengambil gambar panorama pada sudut lebar 125 derajat. Selain itu, lensa makronya berguna bagi Anda untuk mengambil foto close-up dengan mempertahankan ketajaman objek.

Bagi Anda para videografer profesional, mereka juga akan menyukai fitur perekaman, karena ASUS ROG Phone 3 sudah mendukung perekaman video 8K dengan frame rate 30 frame per detik. Tidak hanya itu, kamu juga bisa merekam 4K dengan kecepatan hingga 120 frame per detik, lho!

Di latar depan, ada juga lensa selfie untuk pengguna yang suka menikmati, mengandalkan kamera 24 megapiksel – sama seperti generasi sebelumnya. Jadi kamu tahu kualitas gambar seperti apa yang bisa kamu harapkan dari ponsel gaming ini, berikut adalah beberapa contoh sampel kamera yang bisa dijadikan referensi.

6. Desain Bodi RGB yang Menawan

Kelebihan dan kekurangan ASUS ROG Phone 3 selanjutnya pada bagian Body. Ponsel gaming memiliki desain bodi yang dirancang khusus untuk menarik perhatian pemain. Namun, sangat jarang sebuah ponsel menawarkan desain RGB seperti ASUS ROG Phone 3.

Ya, smartphone ini menampilkan logo ASUS ROG di bagian belakang dengan berbagai model pencahayaan warna-warni yang memberikan kesan nyata terhadap game.

Sementara itu, konfigurasi kamera unik dalam bentuk horizontal dan ditempatkan sedikit ke bawah dari kebanyakan ponsel biasa. Bagaimanapun, siapa pun yang melihat Anda bermain menggunakan ponsel ini akan kagum dan membuat Anda terlihat seperti pemain profesional.

7. Fitur yang Sungguh Gaming-Centric

Ponsel berkinerja tinggi tidak secara otomatis menjadikannya ponsel yang ditujukan untuk game. Karena fitur software juga harus mendukung kebutuhan pemain. Misalnya, ASUS ROG Phone 3 dilengkapi dengan ROG UI berbasis Android 10.

Sudah banyak fitur berbeda yang memudahkan pengguna untuk mendapatkan pengalaman maksimal saat bermain game. Misalnya, ada fitur X Mode untuk meningkatkan kinerja dan mencapai kecepatan per jam hingga 3, 1 GHz.

Kemudian, ada juga sistem kontrol lain yang lebih dari biasanya menggunakan AirTrigger 3. Di sini Anda dapat mengontrol karakter permainan menggunakan sensor gerak, yaitu dengan memiringkan ponsel Anda atau berbagai jenis kontrol gulir cepat baru yang membuat permainan lebih mudah dimainkan.

Ada juga fitur yang disebut Game Genie sehingga Anda dapat mengubah pengaturan ponsel yang berbeda saat Anda berada di dalam game, seperti mematikan notifikasi, memblokir semua ponsel yang masuk, meningkatkan kinerja game, merekam sesi game, dan banyak lagi.

✔️  Review 10 Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y53s

Bahkan ASUS berniat menawarkan port pengisian daya di sebelah bodi serta port di bawah bodi. Memiliki port USB Type-C di samping berguna sehingga Anda masih dapat mengisi daya ponsel tanpa membatasi gerakan tangan saat bermain.

Ini hanya fitur, lho! Anda masih dapat meningkatkan pengalaman bermain game Anda dengan banyak aksesori yang ada, seperti kipas pendingin eksternal, Kunai Gamepad sehingga terlihat seperti Nintendo Switch, TwinView Dock 3 untuk membuat ponsel menjadi layar ganda, dan banyak lagi.

Poin pentingnya adalah jika Anda menginginkan ponsel yang berspesialisasi dalam permainan luar dalam, ASUS ROG Phone 3 adalah salah satu opsi terbaik untuk didapatkan.

Kekurangan ASUS ROG Phone 3

Apakah sudah saatnya ponsel gaming canggih seperti ASUS ROG Phone 3 memiliki kekurangannya? Faktanya, sebenarnya tidak ada gading yang tidak retak. Nah, simak beberapa kekurangan ASUS ROG Phone 3 di bawah ini.

1. Tidak Anti Air dan Debu

Satu hal yang biasanya ditemukan di ponsel di atas harga 10 juta, yaitu ketahanan air yang baik. Kehadiran sertifikat IP seperti IP68 tampaknya telah menjadi standar untuk ponsel terkemuka dan canggih, karena ponsel terkemuka dunia seperti huawei P40 Pro, OPPO Find X2 Pro dan Samsung Galaxy S20 telah dilengkapi dengan sertifikasi anti air dan debu.

Sayangnya, sertifikat IP ini tidak pernah ditemukan di ASUS ROG Phone 3. Hal ini dapat membuat pengguna harus sangat berhati-hati agar ponsel tidak terkena tumpahan air, apalagi jatuh ke kolam.

2. Fast Charging Kalah Saing

Tahukah Anda bahwa pengisian cepat sudah diperbarui sekarang? Apalagi ketika kita berbicara tentang oppo Find X2 Pro yang menawarkan fast charging dengan daya 65 watt.

ASUS ROG Phone 3, yang hadir dengan semua spesifikasi canggihnya, tampaknya tidak menawarkan kemampuan pengisian cepat yang sangat kompetitif. Ponsel ini hanya menawarkan pengisian cepat 30W, dan masih lebih rendah dari Huawei P40 Pro atau samsung Galaxy S20 Ultra dengan 45 watt.

3. Tidak Memiliki Wireless Charging

Sekali lagi, kekurangan ini berkaitan dengan fitur pengisian daya yang seharusnya umum pada ponsel yang bernilai imajiner. Ya, banyak ponsel terkemuka dari merek-merek terkenal seperti OPPO, Samsung, Huawei dan bahkan Realme telah menawarkan fitur pengisian nirkabel.

Hal ini merugikan ASUS ROG Phone 3 yang hanya menyediakan pengiriman reguler. Namun, ponsel gaming ini masih menawarkan fitur reverse charging 10W sehingga bisa digunakan untuk mengisi daya perangkat lain.

Kesimpulan

Nah, inilah saja kelebihan dan kekurangan asus ROG Phone 3 yang kaya akan fitur dan spesifikasi canggih, terutama bagi anda yang memiliki passion yang besar terhadap game smartphone.

Bayangkan saja, dengan memiliki ponsel ini, ini seperti pengalaman daya Snapdragon 865+ untuk pertama kalinya. Kami menjamin bahwa Anda akan dapat memainkan semua game berat seperti PUBG Mobile, CODM, Asphalt 9 atau lainnya tanpa masalah sama sekali.

ASUS ROG sendiri merupakan lini hp gaming yang dipercaya secara luas oleh para pemain profesional, dan benar-benar terkait dengan stigma kinerja tinggi melalui fitur-fiturnya yang sangat jelas yang ditujukan untuk mendukung kebutuhan gaming.

Leave a Comment