10 Kelebihan dan Kekurangan realme x3 SuperZoom

Sinet.Id – Ada 10 kelebihan dan kekurangan realme X3 Superzoom yang bisa menjadi pertimbangan anda sebelum membeli ponsel tersebut. Lima diataranya menjadi kelebihannya menurut versi kami yang terletak pada bagian layarnya yang sudah mendukung refresh rate 120 Hz, lensa periskop, serta performanya yang handal.

Sedangkan pada bagian kekurangan realme X3 superzoom yang bisa anda pertimbangkan yakni pada performa chipsetnya yang masih kalah saing, masih menggunakan IPS LCD, tidak adanya slot untuk memori extrenal, audio jack 3.5 absen, serta tidak memiliki sertifikasi IP.

Review Kelebihan dan Kekurangan realme X3 SuperZoom

Nah, pada artikel kali ini akan mengupas tuntas kelebihan dan kekurangan realme X3 Superzoom, mulai dari spesifikasi, kelebihan, serta kekurangannya yang dirangkum dari berbagai sumber terpercaya. Berikut selengkapnya pada poin – poin dibawah ini:

Spesifikasi realme X3 SuperZoom

kelebihan dan kekurangan realme X3 Superzoom

Spesifikasi realme X3 SuperZoom
Layar IPS LCD, 6.6 inches
Chipset Qualcomm SM8150 Snapdragon 855+ (7 nm)
GPU Adreno 640 (700 MHz)
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128/256 GB
Kamera Belakang Quad 64 MP + 8 MP + 8 MP + 2 MP
Kamera Depan Dual 32 MP + 8 MP

 | 

Kelebihan Realme X3 Superzoom

Setelah melihat spesifikasi di atas, mungkin saya mulai tergoda. Eits, tunggu sebentar. Simak selengkapnya mengenai kelebihan realme X3 SuperZoom di bawah ini.

1. Layar Mendukung 120 Hz Refresh Rate

Sejak pertama melakukan review kelabihan dan kekurangan realme X3 Superzoom, kami memperhatikan layar smartphone ini yang sudah mendukung refresh rate 120 Hz. Bagi anda yang sering menonton YouTube atau film di layar ponsel anda, refresh rate yang lebih tinggi akan menambah pengalaman anda.

Tingkat pembaruan adalah kriteria untuk jumlah pembaruan layar per detik. Secara keseluruhan, HP memberikan update rate hanya 60 Hz. Anda tidak akan mengharapkan realme X3 SuperZoom benar-benar mendukung tingkat pembaruan 120 Hz. Hasilnya, transisi pada layar bisa tampak lebih lembut dan lebih mudah dipertimbangkan.

Angka 120 Hz ini sangat besar dan unik di antara smartphone yang memiliki kategori harga yang sama – 120 Hz juga merupakan fitur yang biasanya hanya tersedia pada ponsel-ponsel terkemuka seperti Samsung Galaxy S20.

2. Hadir dengan Lensa Periskop

Review kelebihan dan kekurangan realme X3 SuperZoom selanjutnya kami beralih kebagian kameranya. Ini adalah nilai jual utama pada Realme X3 SuperZoom. Seperti namanya, smartphone ini dilengkapi lensa periskop yang memungkinkan Anda menangkap berbagai hal pada jarak yang sangat jauh dengan memperbesar/memperkecil.

Sebagai informasi, realme X3 SuperZoom dilengkapi dengan empat kamera dengan resolusi kunci 64 megapiksel (wide), disusul tiga lensa lainnya, lensa periskop 8 megapiksel, lensa 8MP sebagai sensor yang sangat lebar, dan terakhir lensa makro 2MP.

✔️  Review 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A12

Lensa periskop inilah yang membuat smartphone ini mampu melakukan optical zoom hingga maksimal 5 kali, dan mampu melakukan SuperZoom hingga 60 kali. Smartphone ini bisa menjadi alternatif yang lebih murah untuk Huawei P40 Pro, yang sama-sama dikenal sebagai kemampuan lensa periskop.

3. Dual Selfie Camera

Selain kemampuan kamera belakang, realme X3 SuperZoom juga peduli dengan kebutuhan Anda akan selfie yang mengesankan. Sangat jarang bagi produsen untuk menerapkan kamera ganda ke bagian selfie, yang membuat smartphone canggih ini benar-benar unik dengan menawarkan lensa Sony IMX616 32 megapiksel dan lensa 8 megapiksel (sangat lebar).

Ini memungkinkan Anda mengambil foto selfie dengan bidang pandang 109 derajat yang lebih luas. Bagi Anda yang sering bertemu teman atau keluarga di kafe, selfie kelompok bisa diambil tanpa masalah dengan menggunakan mode panorama.

4. Ketahanan Baterai dan Fitur Fast Charging Unggul

Kami juga mengulas kelebihan dan kekurangan realme X3 superZoom pada bagian baterainya. Untungnya ponsel ini memiliki baterai dengan daya tahan yang lebih lama dan fast pengisian daya yang super cepat yang membuat kami menganggapnya sebagai salah satu kelebihan lainnya.

Jangan lupa bahwa produsen HP juga berlomba-lomba untuk menyediakan fitur-fitur canggih baterai, termasuk pengisian daya. Realme X3 SuperZoom sendiri menawarkan baterai berkapasitas 4.200 mAh yang dapat diisi dengan fast charging 30W.

Seberapa cepat kemampuan pengisian cepat ini? Hanya membutuhkan waktu sekitar 58 menit bagi Anda untuk mengisi daya baterai dari nol hingga penuh. Sedangkan untuk daya tahan baterainya sendiri, realme X3 SuperZoom memiliki carry rating 104 jam.

Anda dapat menggunakan Realme X3 SuperZoom selama 14 jam untuk menjelajah, 16 jam pemutaran video, dan 33 jam komunikasi. Ini adalah waktu yang sangat tepat, mengingat bahwa beberapa ponsel terkemuka seperti Samsung Galaxy S20 Ultra hanya mencapai peringkat daya tahan 87 jam.

5. RAM dan Memori Internal Besar

Sebagai salah satu pilihan hp terbaik untuk PUBG dengan grafik extreme, tentu produsen tidak main – main dalam memberikan RAM pada ponsel ini. Pada ulasan kelebihan dan kekurangan realme X3 superZoom di sektor RAM dan memori, anda akan dikejutkan dengan RAM berkapasitas 8, 12 GB dan memori internal 128, 256 GB.

Mengingat bagaimana hampir semua hal dilakukan secara digital, kebutuhan akan aplikasi semakin meningkat. Sekarang ada aplikasi untuk segala sesuatu seperti menonton, rapat, mengedit video, memesan makanan, dll. Tentunya realme X3 SuperZoom ingin mendukung kebutuhan karyawannya dengan lancar, tercermin dari kapasitas memori internal serat RAM-nya yang besar.

RAM-nya yang besar sangat mendukung semua aktivitas multitasking. Selain itu, memori internal sudah mengusung teknologi UFS 3.0 yang memiliki tingkat kecepatan membaca dan menulis yang lebih tinggi dibandingkan kebanyakan ponsel lainnya. Dari menginstal aplikasi hingga menyalin data, semuanya dapat dilakukan dengan sangat cepat.

✔️  11 Kelebihan dan Kekurangan PocoPhone F1

Kekurangan Realme X3 Superzoom

Meskipun Realme X3 SuperZoom hadir dengan sejumlah fitur mengagumkan, tidak ada salahnya kan mengetahui kekurangannya juga? Berikut adalah kekurangan Realme X3 SuperZoom yang perlu Anda jadikan pertimbangan.

1. Performa Chipset Kalah Saing

Meski didukung dengan adanya RAM yang sangat besar, pada review kelebihan dan kekurangan realme X3 Superzoom sendiri kami juga menemukan lecet pada ponsel ini. Ya, soal performa chipset ponsel ini memang kalah saing jika dibandingkan dengan hp sekelasnya dengan harga yang sama.

Dari segi performa, realme X3 SuperZoom sangat mampu menunjukkan taringnya berkat chipset Snapdragon 855+. Snapdragon 8 adalah seri terbaru snapdragon, jadi kami jamin Anda tidak akan menemukan rintangan saat bermain game berat atau aktivitas berat lainnya.

Namun, snapdragon 855+ bukanlah yang terbaik – beberapa smartphone kelasnya seperti Xiaomi Poco F2 dan Realme X50 Pro sudah memiliki snapdragon 865. Dibandingkan dengan Realme X2 Pro yang merupakan generasi berikutnya, smartphone ini sedikit lebih unggul.

Namun perbedaannya masih sangat kecil, sehingga ini pertanda realme tidak melakukan jauh lebih baik dalam performa realme X3 SuperZoom. Namun jangan khawatir, slide set ini masih mampu mengangkat PUBG M pada pengaturan grafis HDR dan tingkat ban yang ekstrem.

Dalam salah satu video demo yang diunggah oleh XY Gadget Team pada channel youtube nya, sepanjang permainan, tidak ditemukan penundaan atau gagap yang mengganggu. Namun perbedaan antara Snapdragon 855+ dan 865 masih cukup jelas.

2. Masih Menggunakan IPS LCD

Jika di review kelebihan dan kekurangan realme X3 superzoom pada bagian layarnya yang mendukung refresh rate 120 Hz, namun sayangnya hal itu juga masih kurang karena masih menggunakan IPS LCD. Layar menjadi sangat penting, karena sektor ini adalah hal yang paling umum untuk dilihat saat menggunakan ponsel.

Meski Realme X3 SuperZoom merupakan smartphone yang dirilis pada tahun 2020 lalu di mana Super AMOLED sudah sangat populer, sayangnya smartphone ini masih dibekali dengan panel IPS LCD.

Ini sangat aneh mengingat harganya terlalu tinggi – layar IPS LCD umumnya hanya tergeletak di ponsel dengan harga yang turun di bawahnya. Layarnya berukuran 6,6 inci – masih relatif besar untuk standar 2020 (tahun hp dirilis). Rasio aspek 20:9 hadir pada 1080 × 2400 piksel.

Pada saat yang sama, kerapatan piksel adalah 399 piksel per inci. Layarnya juga terlindung dari goresan atau guncangan berkat corning Gorilla Glass 5.

✔️  Review 10 Kelebihan dan Kekurangan ASUS ROG Phone 3

Tingkat kecerahan maksimum hanya 437 candle per meter persegi, yang lebih rendah dari Realme X2 Pro yang menawarkan angka 500 candle. Selain itu, mode otomatis juga tidak memiliki tingkat kecerahan maksimum. Dari seri brightness, layar HP ini sudah jatuh dari seri generasi sebelumnya. Sangat disayangkan.

3. Tanpa Slot Memori Eksternal

Akan lebih baik untuk menyimpan file koleksi film di memori eksternal. Jika suatu hari Anda ingin melakukan reset pabrik, data pada microSD akan tetap aman. Sayangnya, realme X3 SuperZoom tidak dilengkapi dengan fitur yang berguna ini.

Anda dipaksa untuk hanya mengandalkan ingatan batinnya tentang media penyimpanan. Ini berarti bahwa kapasitas yang harus digunakan untuk menambahkan lebih banyak aplikasi digunakan sebagai gantinya oleh file seperti foto, video, dan lagu. Faktanya, memori internal memiliki kapasitas yang besar, namun beberapa smartphone pesaing dengan memori 128GB seperti vivo S1 telah memberikan dukungan microSD.

4. Tidak Menyediakan 3.5mm Jack Audio

Ini adalah cacat yang benar-benar fatal bagi Anda yang suka mendengarkan musik. Secara umum, sebagian besar komunitas kami hanya memiliki headset dengan koneksi 3,5 mm, dan untuk menghubungkan headset ke ponsel ini, adaptor tambahan diperlukan.

Adaptor ini menggunakan port USB TYPE C sehingga ponsel tidak dapat digunakan untuk mendengarkan lagu saat mengisi daya. Solusinya adalah dengan menggunakan headset Bluetooth yang harus diisi daya setiap 6 jam sekali. Cacat yang sangat disayangkan.

5. Tidak Memiliki Sertifikasi IP

Bahkan pengguna yang paling brilian pun tidak ada yang bisa menebak apakah suatu hari HP akan jatuh di genangan air. Untuk mengantisipasi insiden tersebut, produsen HP menyertakan sertifikat IP yang menunjukkan ketahanan HP terhadap debu dan air.

Realme X3 SuperZoom seharusnya bisa mendapatkan nilai lebih dengan menawarkan sertifikat IP, mengingat harganya yang terlalu tinggi dibandingkan dengan beberapa pesaing seperti Huawei P30 Pro yang sudah menawarkan IP68.

Kesimpulan

Mengutip dari berbagai ulasan kelebihan dan kekurangan realme X3 SuperZoom diatas, realme X3 SuperZoom benar-benar memiliki fitur dan spesifikasi yang tidak bisa diremehkan. Sejak awal, smartphone ini didedikasikan untuk Anda yang mencari kamera teleskop dengan kemampuan zoom yang luar biasa.

Logonya dalam format Super Zoom, Super Speed juga menunjukkan bahwa ia memiliki kinerja chip puas. Meski cepat, Snapdragon 855+ masih kalah dengan Poco F2 yang menggunakan snapdragon 865. Alhasil, sepertinya sangat sulit jika anda sengaja mencari performa mobile terbaik.

Leave a Comment