Review 9 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M62

Sinet.Id – Ada 9 kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M62 menurut versi kami. Kelebihan Samsung Galaxy M62 tersebut dapat anda lihat pada bagian baterainya yang jumbo hingga 7000 mAh yang disertai dengan pengisian cepat, desainnya yang elegant, Chipset yang powerfull, hingga jepertan kameranya yang masih oke.

Sedangkan pada bagian kekurangan Samsung Galaxy M62 yakni terletak pada bagian layarnya yang belum mendukung refresh tinggi, dimensi yang terbilang cukup tebal, serta belum mendukung jaringan 5G. Namun, setidaknya ponsel ini masih memiliki kelebihan yang bisa anda pertimbangkan untuk membelinya.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M62

Nah, pada artikel kali ini kami akan mengupas tuntas kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M62 dari berbagai sisi, sehingga anda lebih mudah memutuskan apakan ponsel ini sesuai dengan keinginan anda atau tidak. Namun sebelum lanjut, yuk simak terlebih dahulu apa saja spesifikasi menarik dari Samsung Galaxy M62 dibawah ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy M62

kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M62

Spesifikasi Samsung Galaxy M62
Rilis Juni 2021 (Indonesia)
Layar Super AMOLED 6,7 inci, Full HD+
Chipset Exynos 9825 (7 nm)
GPU Mali-G76 MP12
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Memori Eksternal microSDXC sampai 1 TB (slot khusus)
Kamera Belakang 64 MP + 12 MP+ 5 MP + 5 MP
Kamera Depan 32 MP
Baterai Li-Po 7000 mAh

 | 

Kelebihan Samsung Galaxy M62

Seperti yang telah di singgung sebelumya pada poin – poin diatas, setidaknya ada lima kelebihan yang menjadi daya tarik dari Samsung Galaxy M62. Simak penjelasannya sebagai berikut:

1. Desain Elegan

Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M62 yang kami review untuk pertama kalinya pada bagian desainnya. Dimensi Galaxy M62 tidak berubah dari kakaknya, Galaxy M51, yang berukuran 163,9 × 76,3 × 9,5 mm. Namun, Galaxy M62 memiliki berat 5 gram lebih berat dari kakak laki-lakinya, yang beratnya 213 gram. Meskipun dimensinya sama, beberapa sentuhan positif ada untuk ponsel ini.

Pertama, penutup belakang, terbuat dari plastik bergaya kaca mengkilap, tidak lagi normal. Samsung memberikan ide garis memanjang lurus dalam tiga warna berbeda: hijau, biru dan hitam. Sentuhan ini bisa membuatnya lebih elegan sekaligus mengurangi noda jari.

Kedua, masih di area belakang, Galaxy M62 kini menempatkan empat lensa kamera dalam satu unit persegi. Sementara itu, lampu flash dibiarkan sendiri di luar kotak unit. Unit ini berbeda dari Galaxy M51, dan berbentuk persegi panjang dengan empat lensa ditambah satu lampu flash.

Ketiga, lengkungan di tepi sekarang lebih halus, sehingga tampak lebih bagus. Ada port USB C, slot speaker tunggal, dan objek audio 3.5mm di bagian bawah. Ada dua slot kartu SIM ditambah satu kartu microSD di sisi kiri. Tidak ada apa-apa di sisi atas.

Di sisi kanan, ada tombol volume dan pemindai sidik jari yang terintegrasi dengan tombol daya. Ke depan, terdapat layar panel Super AMOLED berukuran 6,7 inci dengan tepi yang cukup tipis, yang terintegrasi dengan lensa kamera depan di ujung tengah (pola lubang lubang).

2. Chipset Powerful

Review kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M62 selanjutnya pada bagian Chipset. Apakah Anda masih ingat Exynos 9825 SoC? Ya, slide set ini pernah digunakan oleh samsung Galaxy Note 10 (diluncurkan pada tahun 2019). Dapat dikatakan bahwa set chip yang terbuat dari proses manufaktur 7 nm telah jatuh ke lapisan mid-range yang sangat baik bersama dengan perkembangan teknologi.

✔️  Review 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A22

Samsung tidak sengaja mengganti nama atau mengganti nama slide set yang muncul, tidak seperti Qualcomm. Exynos 9825 terdiri dari dua Exynos M4 fast-core (2,73 GHz), dua inti medium Cortex-A75 (2,40 GHz) dan empat inti Cortex-A55 hemat energi (1,95 GHz). Jangan lupa 600 MHz Mali G76 MP12. Memiliki slide set ini juga membuat Galaxy M62 sangat kuat dalam menangani tugas yang berbeda.

Galaxy M62 mulus tanpa masalah saat digunakan sehari-hari. Samsung mengklaim bahwa exynos 9825 mampu mengatasi semua segmen kelas menengah di dunia, termasuk snapdragon 765G. Ulasan berbagai program standar buatan juga memberikan buktinya.

Berdasarkan tes yang dilakukan, skor yang tercatat sangat tinggi, 392374 di Antutu 8. Kurang dari klaim Samsung untuk menyentuh nomor tersebut 452065. Namun, hasil ini telah mengatasi Snapdragon 765G yang “hanya” 310624 menurut nanoreview. Deepak Singh mendapatkan kecepatan penyimpanan membaca dan menulis hingga 157,07 Mbps dan 174,75 Mbps. Lantas, bagaimana dengan kemampuan mono-core dan multi-core-nya?

Singh melanjutkan, nilai single-core dan multi-core masing-masing adalah 780 dan 2018, melalui pengujian dengan Geekbench 5. Tes ini terus mensimulasikan permainan melalui aplikasi Gamebench swapnil Mathur. Dalam call of Duty Mobile play simulator, ponsel dapat merekam rata-rata 58 frame per detik pada tingkat stabilitas 89 persen.

Untuk Asphalt 9, gambar dapat dimainkan pada kecepatan 30 frame per detik dengan stabilitas 91 persen. Tidak jauh berbeda hal yang terjadi dalam tes langsung deepak Singh. Menurut pengalamannya, Call of Duty bekerja dengan lancar dan mendukung pengaturan grafis “sangat tinggi” dengan kecepatan frame “maksimum”.

Selain itu, game lain seperti PUBG mobile, Mobile Legends, dan game mobile lainnya dapat berjalan dengan lancar menggunakan ponsel ini. Nah, jika anda sedang mencari hp terbaik untuk PUBG dengan grafik extreme, maka Samsung Galaxy M62 bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk anda.

3. Jepretan Oke

Beranjak ke bagina kemera untuk mereview kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M62, sungguh mengejutkan. Aneh tapi nyata, Samsung telah melengkapi Galaxy M62 dengan sensor Sony IMX682-nya, bukan sensornya sendiri. Sensor 64 megapiksel dan aperture f/1.8 ini dipasang pada lensa utama kamera belakang.

Ini disertai dengan lensa 12 megapiksel, f/2.2 ultra-wide; lensa makro 5 megapiksel, f/2.4; dan lensa 5 megapiksel f/2.4. Gambar kamera utama yang dihasilkan sangat bagus dalam kondisi pencahayaan yang memadai. Detail dan tekstur gambar disediakan di tempat pertama, dan warnanya sangat tepat dengan saturasi dan rentang dinamis yang konstan.

Kualitas bidikan kamera tetap konsisten dalam kondisi rendah cahaya (seperti di dalam ruangan) meskipun detailnya sedikit lebih rendah. Hal yang mengesankan datang ketika ponsel diundang untuk memotret dalam mode malam dan vertikal. Untuk mode malam, gambar yang dihasilkan masih terlihat jelas.

✔️  Review 10 Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y53s

Algoritma program kamera juga meningkat dalam memilih objek utama dengan latar belakang dalam mode vertikal. Selain itu, satu kamera depan 32MP f/2.2 mampu melakukan tugasnya dengan baik. Bidikannya sangat detail dan mampu menampilkan warna kulit secara alami. Kamera belakang dan depan dapat merekam video pada resolusi maksimum 4K dengan kecepatan 30 frame per detik.

Samsung tidak ingin cukup baik dengan menyediakan fitur pemindai sidik jari di bawah permukaan layar. Galaxy M62 harus dapat menyertakannya dengan fitur ini karena layarnya sudah ditutupi dengan panel Super AMOLED. Sebaliknya, Samsung menawarkan sensor pemindai sidik jari di tempat yang paling nyaman menurut kami, sisi yang menyatu dengan tombol daya.

Pemindaian sidik jari untuk membuka kunci HP cepat dan akurat. Memiliki pemindai sidik jari penting dalam fitur keamanan. Pasalnya, mengandalkan pemindaian wajah saja tidak cukup, apalagi jika kondisi sekitarnya gelap. Selain sidik jari, sensor yang terdapat di ponsel ini sudah lengkap. Ada akselerometer, giroskop, magnet, cahaya dan kedekatan. Ada juga NFC.

5. Baterai Jumbo dan Pengisian Cepat

Seperti yang telah disinggung pada poin kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M62 yang kami sebutkan diawal artikel, soal baterainya ponsel ini memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Galaxy M62 adalah salah satu smartphone kelas menengah terbesar, 7.000 mAh. Secara matematis, angka-angka dalam baterai ini menjanjikan ketahanan sehari penuh untuk digunakan.

Apalagi jika didukung oleh manajemen energi yang baik oleh software dan slide. Baterai di ponsel ini telah terbukti berkurang hanya 8% jika digunakan selama satu jam untuk menonton video di Netflix. Faktanya, itu berkurang hanya 7 persen ketika digunakan selama satu jam untuk bernavigasi dengan Google Maps, menurut pengalaman swapnil Mathur.

Menurut klaim Samsung, baterai 7.000 mAh dapat digunakan 24 jam sehari untuk Internet di jaringan 4G dan WiFi, menyiapkan hingga 33 jam video. Anda juga dapat terhubung selama 50 jam (melalui jaringan 4G) atau mendengarkan lagu hingga 145 jam.

Bagaimana jika digunakan untuk bermain game? Dalam Call of Duty Mobile dengan grafis “tinggi” dan pengaturan tingkat ban, baterai berkurang 10 persen dalam 50 menit, kata Deepak Singh. Baterai berkapasitas besar ponsel ini lebih menarik karena mendukung teknologi fast charging 25W.

Pengisian dari 0 hingga 30-35 persen membutuhkan waktu satu jam. Jika sudah benar-benar berlalu, itu hanya akan memakan waktu kurang dari dua jam! Sedangkan untuk mendukung teknologi reverse charging, Galaxy M62 dapat digunakan sebagai bank daya improvisasi.

Kekurangan Samsung Galaxy M62

Setelah membahas beberapa kelebihannya, saatnya untuk membahas beberapa kekurangannya. Untuk mengetahui informasi lengkapnya, teruslah membaca artikel tersebut sampai akhir, ya.

1. Layar Belum Mendukung Refresh Rate Tinggi

Tidak ada keraguan tentang panel Super AMOLED Samsung. Lukisan ini mengandung reproduksi warna yang baik (vital), bahkan beberapa orang cenderung lebih menyukainya daripada IPS. Apalagi saat layar menampilkan warna hitam, sangat intens.

✔️  Review Kelebihan dan Kekurangan realme 8 2022

Hanya saja, layar Super AMOLED Full HD+ 6,7 inci yang dipasang di wajah Galaxy M62 belum mendukung teknologi neko-neko. Seperti kedalaman warna HDR, refresh rate tinggi, dan touch sampling rate tinggi. Hanya ada kemampuan untuk menampilkan gambar dengan kecerahan tinggi hingga 420 lilin per meter persegi. Ini dapat mempengaruhi pengalaman sedikit bagi mereka yang suka menonton konten berkualitas tinggi dan bermain game.

Dalam sedikit referensi ke masalah antarmuka, presentasi yang ditampilkan One UI 3.0 pada layar Full HD+ sebenarnya sangat halus. Namun, Abhijeet M. menyayangkan kelembutannya tidak mampu menyamai Galaxy Note 10 yang juga menggunakan slide range Exynos 9825.

2. Dimensi Tebal, Bobot Berat

Galaxy M62 terletak dalam kategori sebagai ponsel yang cukup lebar dan tebal. Oleh karena itu, ponsel ini tidak nyaman saat menjalankannya dengan satu tangan, terutama bagi mereka yang memiliki tangan kecil. Selain itu, berat ponsel ini juga tergolong gemuk, yaitu 218 gram.

Angka ini merupakan hasil dari baterai besar 7000 mAh yang terkandung. Ponsel biasa dengan ukuran baterai lebih dari 5.000 mAh memiliki berat lebih dari 200 gram. Anda yang biasanya menggunakan ponsel ringan harus beradaptasi dengan kelebihan berat pada Galaxy M62.

3. Sisi Minor Kamera

Komposisi keempat kamera belakang baik-baik saja, berikut adalah bidikan berkualitas. Fitur yang berbeda juga mengakomodasi kebutuhan pengambilan momen, termasuk mode manual. Namun demikian, kemampuan untuk membidik dalam cahaya rendah seharusnya lebih baik karena kisaran slide dan sensor yang dibawanya.

Ini juga berlaku untuk kamera ultra lebar yang sedikit di bawah kualitas di bawah lensa utama. Setelah itu, fitur pemasangan kamera masih belum ada, secara visual dan elektronik. Kurangnya fitur instalasi membuat kemampuan untuk merekamnya, yang dapat mencapai 4K (30 frame per detik), agak berlebihan.

4. Belum Mendukung 5G

Samsung Galaxy M62 landing di Indonesia pada Juni 2021 dengan harga eceran awal 5,9 juta untuk satu alternatif yang tersedia, yaitu RAM 8 GB dan penyimpanan internal 256 GB. Mengingat harganya, Anda dapat mengharapkan ponsel ini siap untuk era 5G. Pada saat yang sama, ini adalah pesaing kuat oppo Reno 5G (Snapdragon 765G), yang dijual seharga 6,99 juta di Indonesia.

Sayangnya, dukungan 5G masih absen untuk ponsel ini karena secara default set chip Exynos 9825 tidak membawa modem 5G. Untungnya, ponsel ini sudah dapat menangkap sinyal WiFi 5GHz yang merupakan stabilitas koneksi yang lebih baik daripada model 2.4 GHz.

Itulah ulasan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M62. Ponsel ini siap memanaskan kompetisi kelas menengah dengan spesifikasi yang sangat bagus. Terutama bagi anda yang suka bermain game untuk waktu yang lama, tetapi juga menyukai fotografi. Desainnya juga tidak monoton dengan gaya bujur, jadi ketika bersantai di kafe bersama teman-teman, Anda harus yakin untuk meletakkan ponsel ini di atas meja.

Leave a Comment