Review 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

Sinet.Id – Kami mereview 10 kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G dari berbagai sektor, mulai dari sisi kamera, konektivitas, chipset, layar, body, fitur, dan masih banyak lagi yang bisa anda simak dalam artikel ini. S21 Ultra memiliki 6 kelebihan dan 4 diantaranya menjadi kekurangannya.

Terkait kelebihan yang dimiliki hp Samsung Galaxy S21 Ultra tersebut terdapat pada bagian fitur quad kamera yang menakjubkan, konektivitas yang inovatif, chipset yang gahar, serta tampilan layar yang tajam, serta bodinya yang kokoh membuat ponsel ini banyak dinanti penggemat Samsung.

Sedangkan bagian kekurangan Samsung Galaxy S21 Ultra tersebut dapat anda rasakan ketika menggenggam ponsel ini karena terlalu besar. Hal lain yang perlu anda pertimbangkan ialah dukungan fast charging yang masih kalah saing, serta earphone dan casan dijual secara terpisah.

10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

Anda harus tahu dulu kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S21 Ultra, jangan sampai mahal, ternyata ada banyak fitur yang tidak Anda butuhkan hingga menjadi mubazir. Nah, oleh karena itu, kami bermaksud untuk memberikan informasi tentang hal-hal yang membuat Galaxy S21 Ultra menarik.

Spesifikasi Samsung Galaxy S21 Ultra

kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

Spesifikasi Samsung Galaxy S21 Ultra
Rilis Januari, 2021
Layar Dynamic AMOLED 2x, 6,8 inci 1440 x 3200 piksel
Chipset Exynos 2100 (5 nm)
GPU Mali-G78 MP14
RAM 12 GB, 16 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Memori Eksternal
Kamera Belakang 108 MP + 10 MP + 10 MP +12 MP
Kamera Depan 40 MP
Baterai Non-removable Li-Po 5000 mAh

 | 

Kelebihan Samsung Galaxy S21 Ultra

Melihat spesifikasi di atas mungkin sudah cukup untuk membuat anda tergiur. Tetapi untuk mempelajari lebih lanjut, setengah dari beberapa keuntungan secara akurat di bawah ini.

1. Fitur Quad Camera Menakjubkan

Kelebihan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G yang pertama adalah fitur quad kamera. Ponsel ini memiliki banyak fitur kamera yang dapat dinikmati pengguna untuk menghasilkan karya foto yang indah. Varian Ultra ini kini juga mengusung konfigurasi quad camera alih-alih triple camera seperti Plus dan Regular.

Ponsel in memang cocok bagi anda yang sedang mencari rekomendasi hp yang kameranya bagus. Samsung Galaxy S21 Ultra memiliki lensa lensa utama ISOCELL HM3 108 megapiksel dan mampu mengikat untuk mengintegrasikan 9 piksel menjadi satu. Tentu saja, sensitivitas lensa terhadap cahaya telah ditingkatkan secara signifikan dan lebih dapat diandalkan dalam fotografi malam hari.

Tidak hanya itu, model Ultra ini juga memiliki tiga kamera pendamping lainnya yang menyertakan dua lensa telefoto. Satu lensa adalah periskop 10 megapiksel yang mampu melakukan zoom optik 10 kali, dan yang lainnya adalah sensor zoom 10 megapiksel dengan kemampuan zoom optik 3x.

Secara total, kapasitas zoom perangkat ini dapat mencapai 100x pada fitur yang disebut Space Zoom. Kemudian satu lensa lainnya adalah sensor ultra lebar 12 megapiksel dengan kemampuan bidang pandang dengan lebar hingga 120 derajat, untuk menempati lebih banyak ruang dalam satu bingkai.

Jadi sebagai kesimpulan, keempat kamera ini dapat memotret dengan ketajaman yang sangat baik, melakukan pencitraan jarak jauh dengan zoom tanpa mengurangi kualitas, dan tentu saja cocok untuk mengambil foto keluarga berkat lensa FOV yang sangat lebar.

Selain itu, fitur software-nya mampu membuat fotografi HP menghasilkan karya seni yang indah. Salah satu favorit pengguna adalah Single Take, fitur perekaman satu klik pendek. Nantinya, perangkat lunak AI akan menawarkan berbagai opsi pengambilan seperti video, gambar dengan filter tertentu, dll.

✔️  Review 8 Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno5 F

Fitur exit view juga akan memungkinkan pengguna untuk melihat sudut pandang semua lensa secara bersamaan. Hal ini untuk memudahkan sutradara menangkap sudut terbaik dari kamera belakang, serta mengambil gambar kamera depan.

Kamera ponsel terkemuka ini sebenarnya bukan hal yang baik apabila digunakan untuk pemotretan jarak jauh. Namun fotografi jarak jauh tidak hanya menakjubkan, pengguna juga dapat memanfaatkan mode malam otomatis untuk mendapatkan kualitas foto malam yang cerah. Di sini kami menawarkan beberapa sampel foto malam dari samsung Galaxy S21 Ultra 5G.

Dari dua contoh di atas, dapat dicatat bahwa gambar malam samsung Galaxy S21 Ultra sebenarnya sebagus itu. Anda dapat melihat rentang dinamis yang luas, terutama di bagian pencahayaan lampu dari dalam jendela (gambar kedua). Detail yang dihasilkan juga sangat bagus, tanpa meninggalkan terlalu banyak kebisingan.

2. Fitur Konektivitas Inovatif

Apakah Anda termasuk di antara mereka yang sering kehilangan sesuatu? Jika demikian, biarkan saja Galaxy S21 Ultra untuk membawa Anda ke item yang hilang. Dengan ultra Wide Band dan aksesori tambahan yang disebut Smart Tag (dijual terpisah), Anda dapat melacak item dengan sangat mudah dan akurat.

UWB juga hanya tersedia pada variabel Plus dan Ultra dan dapat digunakan sebagai sarana transfer data antara dua ponsel pada frekuensi yang lebih tinggi. Selain UWB, ada juga fitur konektivitas lain seperti NFC dan WiFi 6E.

3. Dukungan S Pen

Kelebihan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G selanjutnya adalah tersedianya dukungan S pen. Siapa pun akan tahu bahwa S Pen atau pena umumnya hanya dimiliki untuk seri atau tablet Galaxy Note. Nah, untuk Galaxy S21 Ultra, pertama kali kamu bisa menggunakan S Pen pada produk galaxy S series.

Uniknya, dukungan S Pen ini tidak tersedia untuk kedua adiknya, hanya pada varian Ultra. Pengguna yang menginginkan fitur tambahan ini memiliki alasan kuat untuk membeli ultra alih-alih alternatif yang lebih rendah.

4. Chipset Gahar

Kelebihan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G tidak berbeda dengan smartphone lain dalam seri ini, keduanya menggunakan exynos 2100 dengan manufaktur 5 nm dengan kinerja dan catu daya yang kuat. Sangat disayangkan bahwa pengguna Indonesia tidak akan memiliki kesempatan untuk menikmati snapdragon 888. Pasalnya, variabel Qualcomm hanya tersedia untuk pasar AS dan China.

Exynos 2100 sendiri merupakan peningkatan yang signifikan dibandingkan Exynos 990 yang mengunjungi seri Galaxy S20. Perusahaan asal Korea Selatan itu juga mengklaim bahwa kapasitas prosesor Exynos 2100 30% lebih cepat dalam tugas multi-core daripada exynos 990.

Set slide ini membawa tiga set, termasuk satu inti ARM Cortex X1 dengan kecepatan clock 2,9 GHz. Lalu ada tiga core ARM Cortex A78 dengan daya 2,8 GHz dan sisanya adalah core hemat energi berupa empat core ARM Cortex A55 (2,2 GHz).

Sementara itu, di bagian GPU, Mali-G78 MP14 disertakan. Exynos 2100 juga terintegrasi dengan modem 5G, mampu memperoleh kecepatan koneksi hingga 7,35 Gbps untuk mmWave dan 5,1 Gbps untuk jaringan Sub-6.

Dilansir dari GSM Arena, performa Exynos 2100 tidak bisa diremehkan pada Galaxy S21 Ultra. Bahkan jika rata-rata Galaxy S21 menggunakan chip yang sama, varian Ultra jelas jauh lebih baik di 657150. Meskipun Galaxy S21 hanya mencapai skor 584055.

Sama seperti rata-rata Galaxy S21 yang mengungguli iPhone 12, varian Ultra ini juga mengalahkan iPhone 12 Pro Max.

5. Layar Tajam Adaptif 120 Hz

Menonton di smartphone sudah menjadi hal yang lumrah. Terlepas dari kemudahan membawanya ke mana-mana, layar ponsel saat ini sangat besar dan layak digunakan sebagai sarana menonton. Nah, Kelebihan Samsung Galaxy S21 Ultra memahami hal ini dengan baik dan menawarkan kualitas layar yang sangat luar biasa.

✔️  Review 8 Kelebihan dan Kekurangan Realme 8 Pro

Pertama-tama, panel yang digunakan adalah dynamic AMOLED 2X yang memberikan tingkat pembaruan dua kali lipat dibandingkan dengan kebanyakan ponsel lain. Layar Super Smooth 120 Hz dapat membuat tampilan lebih licin saat menggulir.

Berkat update rate 10 Hz hingga 120 Hz, ponsel juga akan melakukan penyesuaian pada aktivitas yang dilakukan. Dengan cara ini, Anda hanya akan memastikan bahwa Anda menikmati 120 Hz dalam aktivitas yang Anda butuhkan, seperti menonton film atau bermain game.

Sementara itu, ketika layar diperbaiki, kecepatan pembaruan akan secara otomatis berubah menjadi 10 Hz untuk menyediakan baterai. HDR10+ juga membuat layar terlihat hidup, terutama saat digunakan untuk menonton YouTube dalam kualitas HDR.

Galaxy S21 Ultra juga memiliki ukuran layar terbesar dalam seri ini, resolusi WQHD+ 6,8 inci yang juga dikenal sebagai 1440p. Akhirnya, hanya Full HD Plus yang lebih mirip dengan dua adiknya. Oleh karena itu, akurasi menjadi lebih jelas dan memberikan perendaman maksimal saat bermain game atau menonton film.

6. Bodi Kokoh dan Menawan

Anda harus memiliki kesan yang sama seperti ketika Anda pertama kali melihat seri Samsung Galaxy S21. Ya, Kelebihan Samsung Galaxy S21 Ultra sasis belakang dirancang dengan unit kamera baru dan belum pernah terlihat di smartphone mana pun sebelumnya.

Menggunakan contour Cut membuatnya terlihat kuat dan menawan. Selain itu, bagian depan dan belakang bodi sudah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass Victus, salah satu pelindung goncangan dan goresan terbaik di dunia. Seolah-olah itu tidak cukup, ada juga sertifikat IP68 yang memberikan ponsel ketahanan air dan debu terbaik.

Setiap warna variabel juga dirancang dengan banyak perhatian untuk menghasilkan tampilan yang paling menarik dan canggih, seperti Phantom Black dan Phantom Silver. Ini benar-benar memberikan kesan yang berbeda dan berkesan.

Kekurangan Samsung Galaxy S21 Ultra

Tidak hanya kelebihan Samsung Galaxy S21 Ultra yang harus menjadi perhatian anda, Galaxy S21 Ultra juga sepertinya memiliki kekurangan yang perlu anda pertimbangkan sebelum membeli smartphone ini, lho! Yaitu, sebagai berikut.

1. Ukuran Bodi Besar

Kekurangan Samsung Galaxy S21 Ultra juga tak lepas dari ukuran body yang terbilang cukup besar untuk di genggam. Memang ponsel ini menawarkan layar dan baterai terbesar dibandingkan dengan dua adiknya. Ini membuat tubuh menjadi lebih besar dan lebih berat.

Meskipun salah satu hal penting untuk membuat bodi HP adalah desain yang nyaman dan nyaman. Tubuh besar ini kemungkinan akan membuat Anda tidak nyaman ketika Anda menyimpannya untuk waktu yang lama.

Galaxy S21 Ultra diketahui memiliki dimensi bodi 165,1 × 75,6 × 8,9 mm serta sangat tebal dan panjang dibandingkan dengan Galaxy S21 normal, yang memiliki ukuran 151,7 × 71,2 × 7,9 mm.

2. Fast Kalah Saing

Bagi anda yang tidak selalu sabar menunggu ponselmu terisi penuh, tentunya kamu perlu menggunakan fitur quick charging pada smartphone. Galaxy S21 Ultra, ponsel terkemuka, memastikan bahwa fitur pengisian cepat ini digunakan. Bahkan, ada juga fitur pengisian daya lainnya seperti wireless charging dan wireless reverse charging untuk mengisi daya perangkat lain.

Namun, kekurangan Samsung Galaxy S21 Ultra tidak sekuat para pesaingnya. Masih sama dengan Galaxy S21 dan Plus biasa, versi Ultra ini hanya menggunakan fast charging 25W. Sungguh aneh, padahal Galaxy S20 Ultra sendiri sudah memiliki pengisian daya 45W yang cepat.

Belum lagi membandingkannya dengan ponsel seperti xiaomi Mi 10 Ultra yang sudah menggunakan fast charging 120W, atau huawei Mate 40 Pro yang menggunakan 66 watt. Untuk beberapa alasan, Samsung kali ini tidak meningkatkan kapasitas pengisian daya dibandingkan dengan versi reguler dan Plus.

✔️  10 Kelebihan dan Kekurangan Poco F3 2022

Bahkan, di seri sebelumnya, Galaxy S20 reguler juga memiliki fast charge 25W namun kemudian diupgrade kembali ke varian Plus dan Ultra. Sementara itu, wireless charging Galaxy S21 Ultra hanya menggunakan daya 15 watt, dan dapat mengisi daya perangkat lain sebesar 4,5 watt.

Alhasil, Samsung Galaxy S21 Ultra juga membutuhkan waktu lama untuk mengisi daya hingga ke tepi. Berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh GSM Arena, ponsel ini dapat mencapai 100% dalam waktu satu jam 11 menit. Tentu saja, ini adalah waktu yang sangat lama, mengingat bahwa ponsel dengan harga sedang lainnya seperti Realme 7 Pro dapat dikirim dalam waktu kurang dari 1 jam.

3. Tanpa Slot MicroSD

Seiring dengan semakin banyaknya file, konsumen terbiasa menggunakan memori eksternal pada alat mereka. Bahkan jika ponsel flagship sudah memiliki memori internal yang luas, ada beberapa fitur microSD yang tidak dapat dimiliki oleh memori internal.

Antara lain, situs profil dipisahkan dengan aplikasi. Terkadang kita hanya ingin menyesuaikan memori internal hanya untuk mempertahankan aplikasi, dan meletakkan file seperti foto dan lainnya di memori eksternal. Setelah itu, memori eksternal juga merupakan tempat yang aman untuk menempatkan file, karena meskipun ponsel diatur ulang di pabrik, data tidak akan terhapus.

Sayangnya, beberapa vendor telah memutuskan untuk menghilangkan dukungan microSD pada ponsel yang sudah menggunakan memori internal yang besar, dan Samsung Galaxy S21 Ultra adalah contohnya. Ponsel ini sudah menggunakan memori internal maksimal 512 GB dengan RAM 16 GB. Oleh karena itu, Samsung memutuskan untuk tidak menawarkan slot microSD kali ini.

Padahal, sebelumnya brand asal Korea Selatan ini masih menawarkan fitur microSD pada seri Galaxy S20. Seperti Galaxy S20 Ultra, misalnya masih menyediakan slot SIM bersama untuk memori eksternal meskipun sudah memiliki kapasitas internal hingga 512GB.

4. Casan dan Earphone dijual Terpisah

Bagi kamu yang sering mengikuti perkembangan teknologi smartphone, tentunya kamu masih ingat peluncuran apple iPhone 12 series di tahun 2020 lalu. Ya, Apple adalah merek pertama yang meluncurkan ponsel tanpa menyertakan sasis dan headphone di kotak pembelian.

Hal ini juga memicu kontroversi dan mendorong merek lain seperti Xiaomi dan Samsung untuk melecehkan Apple. Faktanya, sekarang Xiaomi dan Samsung juga melakukan hal yang sama. Kekurangan Samsung Galaxy S21 Ultra ini tidak menyertakan sasis 25W, jadi Anda harus membelinya secara terpisah.

Kesimpulan

Mengutip dari kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S21 Ultra Kita dapat mengatakan, alternatif Ultra ini masih sepadan dari Plus. Mengapa? Karena jika Anda membeli Plus, tidak akan ada banyak peningkatan dibandingkan dengan versi normal.

Namun dengan versi Ultra ini, Anda bisa mendapatkan lensa periskop yang dapat membidik dengan zoom 10x tanpa mengorbankan kualitas sama sekali. Sangat disayangkan bahwa kemampuan pengirimannya sama sekali tidak dikembangkan dari versi reguler dan over.

Sementara di dunia yang serba cepat ini, pengguna semakin tidak ingin menunggu lama untuk menagih mereka ke tepi. Selain itu, tubuh yang sangat bongsor dapat membuat pengguna sangat cepat. Belum lagi apakah Anda harus memasukkannya ke dalam saku celana ketat.

Leave a Comment