Review 10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Black Shark 3

Sinet.Id – Kelebihan dan kekurangan Xiaomi Black Shark 3 berdasarkan review yang kami lakukan terdapat 8 kelebihan diataranya, dan 2 menjadi kekurangan yang bisa menjadi pertimbangan anda. Kelebihan Xiaomi Black Shark 3 terebut yakni sektor performa gaming terbaik, Memori internal dan RAM yang besar, dan masih banyak lagi.

Sedangkan pada bagian kekurangan yang bisa menjadi pertimbangan anda sebelum membelinya yaitu tidak memiliki dukungan memori eksternal, serta tidak ada sertifikasi IP. Namun, setidaknya ada 8 keunggulan menarik yang tertanam diponsel ini.

Nah, pada artikel kali ini kami akan memberikan ulasan lengkap tentang kelebihan dan kekurangan Xiaomi Black Shark 3 beserta ringkasan spesifikasinya. Simak terus artikel SINET untuk mengetahui pembahasan selengkapnya.

10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Black Shark 3

Untuk mengetahuinya, SINET telah membuat banyak poin yang menunjukkan berbagai kelebihan dan kekurangan Xiaomi Black Shark 3. Apakah Black Shark 3 layak dimiliki dengan harga Rp 7 jutaan? Berikut kelebihan dan kekurangan Black Shark 3 untuk dipertimbangkan anda.

Spesifikasi Xiaomi Black Shark 3

Kelebihan dan kekurangan Xiaomi Black Shark 3

Spesifikasi Xiaomi Black Shark 3
Rilis Maret 2020
Layar AMOLED 6.67 inches
Chipset Qualcomm SM8250 Snapdragon 865 (7 nm+)
CPU Octa-core (1×2.84 GHz Kryo 585 & 3×2.42 GHz Kryo 585 & 4×1.80 GHz Kryo 585)
GPU Adreno 650
RAM 8 GB, 12 GB RAM
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera Belakang Triple 64 MP + 13 MP + 5 MP
Kamera Depan 20 MP
Baterai Non-removable Li-Po 4720 mAh battery

 | 

Kelebihan Xiaomi Black Shark 3

Betapa indahnya bisa memainkan game tersebut di Black Shark 3. Bagaimanapun, ponsel ini sebenarnya sangat menggoda. Nah, berikut adalah poin-poin yang bisa dimanfaatkan dari smartphone gaming canggih ini.

1. Performa Gaming Terbaik

Dalam review kelebihan dan kekurangan Xiaomi Black Shar 3 yang kami lakukan, kami mengulas bagian performanya terlebih dahulu. Xiaomi Black Shark 3 yang merupakan Black Shark generasi berikutnya tentunya menawarkan chipset yang sangat sempurna untuk bermain game.

Bahkan Snapdragon 865 yang Anda bawa adalah salah satu slide berkinerja tinggi terbaik di dunia. Semua game berat, terutama PUBG Mobile, mampu bekerja pada tingkat tercepat dari frame dan pengaturan grafis yang paling menuntut. Ponsel ini memang cocok bagi anda yang sedang mencari hp terbaik untuk PUBG dengan grafik extreme.

Tidak hanya itu, performa gaming yang unggul ini juga karena mendukung fitur software menarik yang dapat mengatur berbagai opsi di dalam game. Seperti menjalankan WiFi, mengubah koneksi, atau meningkatkan game, Anda dapat melakukan hal-hal seperti itu saat berada di tengah-tengah pertempuran sengit untuk memberikan kinerja yang lebih baik.

Alhasil, menurut data dari GSMArena, Xiaomi Black Shark 3 hadir dengan skor AnTuTu 8 yang sangat unggul yaitu 620.952. Angka ini sebenarnya merupakan peningkatan yang signifikan dari generasi sebelumnya (Black Shark 2) yang hanya menawarkan skor AnTuTu sebesar 440.799.

✔️  10 Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 9 Pro

2. Memori Internal dan RAM Besar

Kelebihan dan kekurangan Xiaomi Black Shark 3 selanjutnya yang kami review yakni dari sektor Memori internal dan RAM yang dimilikinya. Bagi anda yang juga aktif, tentunya anda membutuhkan ponsel yang tidak hanya bisa bermain game dengan cepat, tetapi juga layak untuk melakukan serangkaian aktivitas multitasking.

Untuk itu, Xiaomi Black Shark 3 menawarkan kapasitas RAM yang besar dan memori internal yang cukup untuk menunjang kebutuhan Anda. Xiaomi Black Shark 3 memiliki dua jenis yang berbeda. Alternatif pertama hadir dengan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB. Varian ini menggunakan tipe RAM LPDDR4.

Alternatif kedua adalah RAM 12 GB dengan memori internal 256 GB. Alternatif ini dijual seharga 12 juta rupee Indonesia dan menggunakan jenis RAM LPDDR5. Opsi ini menggunakan penyimpanan atau memori internal yang sudah menggunakan teknologi UFS 3.0 yang dapat mentransfer data lebih cepat. Untuk mengunduh aplikasi dan game serta berpartisipasi dalam menempelkan file besar tentu bisa dilakukan tanpa harus menunggu lama.

3. Hadir dengan Sistem Pendingin

Pada poin ketiga review kelebihan dan kekurangan Xiaomi Black Shark 3, kami menemukan keuntungan lain pada ponsel gamin ini, yakni adanya sistem pendingin yang mutakhir. Ya, pada dasarnya, perangkat game apa pun harus menyediakan jika sering digunakan untuk memainkan game berat sistem pendingin yang baik sehingga ponsel tidak menjadi panas.

Karena ponsel yang panas dapat membuat komponen di dalamnya rusak. Xiaomi Black Shark 3 yang sangat cocok untuk bermain game diperkenalkan dengan sistem pendingin dan merupakan struktur berlapis-lapis.

Smartphone ini menawarkan kombinasi beberapa komponen seperti thermal graphite sheet, copper alloy shelter, cool yang sangat lama dan mengenai berbagai bahan panas secara langsung. Sehingga smartphone ini dapat didinginkan 50% lebih efektif – bahkan bermain game dalam waktu lama tidak akan menjadi masalah.

4. Fast Charging Tercepat

Setelah meneliti lebih lanjut kelebihan dan kekurnagan Xiaomi Black Shark 3, ponsel ini ternyata didukung dengan fast charging tercepat saat ini yang menjadi keuntungannya. Kapasitas pengisian baterai juga sangat penting untuk smartphone gaming seperti Black Shark 3.

Untuk alasan ini, Xiaomi menawarkan kemampuan pengisian cepat yang sangat mutakhir pada ponsel canggih ini. Bagaimana itu bisa terjadi? Anda dapat mengisi daya Black Shark 3 menggunakan pengisian cepat yang disebut 65W Hyper Charge.

Situs web resmi Black Shark 3 yang sama mengklaim dapat mengisi baterai 4,720mAh-nya, dan hanya membutuhkan waktu 12 menit untuk mengisi daya dari nol hingga 50%. Sementara itu, untuk mencapai angka 100% dibutuhkan waktu sekitar 38 menit saja. Ini terlalu cepat, bukan?

Daya 65W sendiri sudah menjadi salah satu angka terbesar di industri HP. Berkat fast charging terbaru, anda tidak perlu khawatir jika baterainya habis. Cukup sambungkan ponsel Anda ke soket selama setengah jam dan telepon akan siap untuk bermain game lagi.

✔️  Review 10 Kelebihan dan Kekurangan ASUS ROG Phone 3

Namun, satu-satunya fitur pengisian daya 65W yang ditawarkan pada varian 256GB, RAM 12GB, sedangkan varian 128GB dan RAM 6GB hanya memiliki fast charging 30W.

5. Penyegaran dan Sampling Touch Rate Tinggi

Tahap kelima, kami berfokus mengulas kelebihan dan kekurangan Xiaomi Black Shark 3 pada sektor penyegaran dan sampling touch rate. Xiaomi Black Shark memiliki penyegaran rate yang tinggi yaitu 90 Hz. Secara umum, ponsel hanya ditawarkan pada tingkat yang diperbarui 60 Hz.

Dengan refresh rate yang tinggi, transisi atau gerakan di layar bisa terlihat lebih lembut, yang tentunya berguna untuk meningkatkan pengalaman bermain game kamu. Teknologi penyegaran rate 90 Hz ini juga didukung oleh teknologi MEMC yang dapat membuat video pada 25 Hz hingga 90 Hz.

Sementara itu, sampling touch rate yang diberikan pada Xiaomi Black Shark 3 juga sangat tinggi, yaitu 270 Hz. Hal ini membuat layar HP lebih touch-responsive dan dapat menjalankan perintah lebih cepat. Anda juga dapat menyerang lawan Anda terlebih dahulu bahkan jika mereka berdua melakukan tembakan pada saat yang bersamaan.

6. Layar AMOLED

Layar adalah satu hal yang penting di ponsel. Xiaomi, salah satu merek utama ponsel, juga ingin menawarkan kualitas layar yang jernih dan berkualitas tinggi sehingga pengguna merasa betah untuk waktu yang lama menggunakan ponsel. Untuk Xiaomi Black Shark 3 sendiri, layarnya memiliki lebar 6,67 inci dan sudah menggunakan panel AMOLED.

Layarnya juga menawarkan fitur resolusi warna yang tinggi, menawarkan teknologi Delta E <1 dan JNCD < 0,55 sehingga warna yang terlihat adalah warna asli. Teknologi TrueView Display yang juga membawa layar mampu mencocokkan kecerahan layar sesuai dengan ambient lighting. Kami juga menjamin bahwa Anda memiliki tampilan yang nyaman untuk dilihat.

7. Triple Camera

Ulasan kelebihan dan kekurangan Xiaomi Black Shark 3 pada sektor kamera juga cukup menarik. Siapapun yang melihat xiaomi Black Shark 3 harus memahami bahwa smartphone ini didedikasikan untuk bermain game. Namun bukan berarti xiaomi gagal menawarkan beberapa keuntungan di sektor lain, misalnya sektor fotografi.

Smartphone yang ditawarkan dengan tiga lensa di bagian belakang bodi ini memiliki resolusi yang cukup tinggi seperti kamera utama, yaitu 64 megapiksel dengan slot f/1.8 dan panjang fokus 26 mm.

Sementara itu, ada juga dua lensa 13 megapiksel lainnya untuk mengambil gambar sudut yang sangat lebar dan 5 megapiksel untuk memotret buah persik. Sedangkan untuk antarmuka, ada kamera selfie 20 megapiksel.

Kamera belakang Black Shark 3 juga mampu menangkap video 4K dengan kecepatan 60 frame per detik, dan menawarkan fitur perekaman gerak lambat pada 1920 frame per detik.

✔️  10 Kelebihan dan Kekurangan realme Narzo 30A

8. Desain Bodi Gaming

Penampilan sama pentingnya dengan spesifikasi dan fitur. Black Shark sebenarnya adalah lini produksi game khusus Xiaomi yang selalu menawarkan tampilan desain yang unik dan unik, termasuk Black Shark 3. Smartphone ini hadir dalam tiga warna berbeda – Lightning Black, Armor Grey dan Star SIlver.

Ketiga variabel ini juga dilengkapi dengan tampilan simetris di bagian depan dan belakang. Beberapa dialek futuristik juga benar-benar menunjukkan kesan bahwa smartphone ini merupakan smartphone untuk game. Anda pasti tidak akan menemukan tampilan seperti desain di sebagian besar ponsel lain.

Kekurangan Xiaomi Black Shark 3

Sulit membayangkan hiu hitam 3 datang dengan beberapa kekurangan. Namun nyatanya, ponsel ini tidak cukup sempurna. Nah, simak dua poin yang bisa dibilang menjadi kekurangan dari Black Shark 3.

1. Tidak Memiliki Dukungan Memori Eksternal

Kapasitas memori sepenuhnya mampu dipertimbangkan dalam pemilihan ponsel. Untungnya, Black Shark 3 menawarkan kapasitas yang cukup besar yaitu 128 dan 256GB. Sayangnya, kapasitas ponsel ini tidak dapat diperluas menggunakan kartu memori eksternal.

Pasalnya, beberapa orang lebih suka menggunakan memori internal hanya untuk aplikasi dan game. Dengan tidak adanya memori eksternal, file seperti foto atau film BluRay dipaksa untuk disimpan di memori internal mereka.

2. Tidak Ada Sertifikasi IP

Sangat aneh melihat bahwa Black Shark 3 hadir tanpa sertifikat IP. Karena sertifikat ini sangat berguna sehingga tubuh dapat tahan terhadap debu dan air. Mengingat bahwa Black Shark 3 terdaftar di smartphone kelas atas, kurangnya sertifikasi IP tersebut mengejutkan. Apalagi jika melihat tampilan bodi desain yang terlihat kokoh, sangat disayangkan smartphone ini tak tertahankan untuk air.

Kesimpulan

Itulah berbagai kelebihan dan kekurangan Xiaomi Black Shark 3 yang dapat Anda ingat. Seperti yang diharapkan, Black Shark 3 menawarkan banyak inovasi canggih yang membuatnya layak untuk game berat. Dengan sistem pendingin yang unggul dengan desain bodi yang hebat, dan kemampuan fast charging yang canggih, smartphone ini benar-benar hanya menawarkan yang terbaik di antara yang terbaik.

Namun, Anda juga perlu memperhatikan kekurangannya. Ponsel ini ditawarkan tanpa sertifikat IP sehingga perlu lebih berhati-hati agar kuda tidak jatuh ke kolam. Sementara itu, bagi Anda yang ingin menyimpan gig dari serial TV, Anda mungkin akan merasa sedikit kecewa karena ponsel ini tidak ditawarkan dengan dukungan memori eksternal.

Satu hal yang pasti: Xiaomi Black Shark 3 telah mencapai tujuan aslinya sebagai perangkat kuat yang menarik bagi salah satu penggemar game. Fortnite, PUBG Mobile dan COD Mobile, tidak ada game Android yang tidak bisa dimainkan dengan mulus dengan grafis yang luar biasa.

Leave a Comment