10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 10s

Sinet.Id – Kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note 10s perlu anda ketahui untuk menjadi pertimbangan apakah ponsel tersebut sesuai dengan keinginan anda atau tidak. Pada versi kami, terdapat 7 kelebihan dan 3 diantaranya menjadi kekurangannya.

Kelebihan Xiaomi Redmi Note 10s tersebut mulai dari desainnya yang catik dan tahan cipratan air, tampilan layarnya yang oke, kualitas kamera cukup baik, hingga sensor, port, dan kenektivitasnya yang lengkap membuat ponsel ini sangat laris dipasaran.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 10s

Poin-poin yang akan dijelaskan dalam artikel ini bisa Anda jadikan bahan untuk menilai apakah Redmi Note 10s layak dibeli atau tidak. Sebagai pengantar, mari kita lihat spesifikasi umum ponsel di bawah ini sebelum beranjak mencari tau kelebihan dan kekurangan Xiaomi redmi note 10s tersebut.

Detail Spek Redmi Note 10s

Kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note 10s

Spesifikasi Xiomi Redmi Note 10s
Layar Super AMOLED 6.43 inci
Chipset MediaTek Helio G95
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh

 | 

Kelebihan Xiaomi Redmi Note 10s

Redmi Note 10s memiliki semua keunggulan Redmi Note 10. Namun, ia juga mengungguli Redmi Note 10 dalam banyak hal. Bacalah uraian di bawah ini dengan seksama untuk mengetahui kelebihan ponsel secara akurat!

1. Desain Bagus dan Tahan Cipratan Air

Review pertama yang kami lakukan untuk menemukan kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note 10s yakni pada bagian desainnya. Redmi Note 10s memiliki bahasa desain yang sama dengan anggota seri Redmi Note 10 lainnya. Modul kamera belakang yang trendi menambah estetika ponsel dalam pilihan warna Onyx Grey, Pebble White, dan Ocean Blue.

Jadi ponsel ini juga stylish karena tidak ada tulisan aneh selain “Redmi” yang menghiasi sampul belakang ponsel. Anda mungkin jatuh cinta dengan desain Redmi Note 10s karena sangat nyaman digenggam dan bertenaga. Minusnya mungkin lubang kamera depan yang lingkarannya tidak sekecil Redmi Note 10 Pro.

Bagi sebagian orang, aperture melingkar yang besar pada kamera depan akan mengganggu. Namun, secara keseluruhan tidak ada yang perlu dikeluhkan dari desain ponsel ini. Bahkan, ia unggul karena memiliki sensor sidik jari yang nyaman yang terintegrasi dengan tombol daya.

Fitur selanjutnya adalah bagian depan ponsel yang dilindungi Corning Gorilla Glass 3 dan bersertifikat IP53 untuk ketahanan terhadap debu dan percikan. Jadi kesimpulannya, soal desain kami menganggap sebagai salah kelebihan dari Xiaomi Redmi Note 10s.

2. Tampilan Layar Oke

Selain desain, kami juga mereview kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note 10s pada bagian layarnya. Untunya layar ponsel tersebut cukup oke dan menjadi salah satu kelebihannya. Bersamaan dengan Redmi Note 10, Redmi Note 10s adalah salah satu ponsel kelas menengah terjangkau yang benar-benar menggunakan layar panel AMOLED.

Jadi, di atas kertas, ponsel ini unggul dari segi tampilan, terutama dalam hal reproduksi warna. Layar Redmi Note 10S berukuran 6,43 inci dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel) memiliki kedalaman warna yang lebar. Ini tidak mengherankan karena kedalaman warna berada dalam kisaran DCI-P3. Lalu, layar memiliki kontras warna 4,5 juta: 1.

Artinya, untuk mendeteksi satu warna saja, misalnya biru, ada 4,5 juta pilihan warna biru. Dari segi kecerahan, tampilan Redmi Note 10s masih menjadi salah satu yang terbaik di kelasnya. Karena kecerahan yang dijanjikan adalah 700 nits (di luar ruangan) dengan puncaknya 1.100 nits (untuk konten HDR).

✔️  Review 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A12

Hal yang menarik dari tampilan layar Redmi Note 10s adalah adanya fitur DC Dimming yang juga dikenal sebagai Anti Flicker. Fitur ini akan berguna bagi orang yang suka menggunakan ponsel sebelum tidur di malam hari. Sebab, Peredupan DC akan mengurangi kedipan layar saat menurunkan tingkat kecerahan. Dengan demikian, mata Anda tidak akan bosan menatap layar monitor.

DC Dimming menjadi istimewa mengingat masih ada beberapa ponsel flagship yang belum memiliki fitur ini. Layar Redmi Note 10s lebih ramah mata karena telah menerima sertifikat radiasi cahaya biru rendah dari lembaga inspeksi Swiss SGS (Société Générale de Surveillance).

3. Kamera Cukup Oke

Kelebihan dan kekurangan Xiaomi redmi Note 10s selanjutnya kita berali ke spek kamera. Sektor kamera menjadi faktor pertama yang membedakan Redmi Note 10s dengan Redmi Note 10. Perbedaan keduanya ada pada kamera utama. Redmi Note 10s mendapat peningkatan berkat kamera utama 64MP, dengan sensor 1/1,97 inci.

Redmi Note 10 menggunakan resolusi yang lebih rendah, 48MP dengan ukuran sensor 1/2 inci. Selebihnya, setup kamera yang digunakan sama. Dimulai dengan kamera ultrawide 8 MP, f/2.2; kamera makro 2 MP, f / 2.4, sensor kedalaman 2 MP, f / 2.4; Dan kamera selfie 13 megapiksel, dengan slot lensa f/2,45.

Peningkatan megapiksel tidak menjamin hasil kualitas gambar yang lebih baik. Namun, karena ponsel ini menggunakan chipset yang berbeda dari Redmi Note 10, hasilnya mungkin berbeda. Redmi Note 10s cukup andal untuk menggantikan kamera saku di berbagai skenario.

Pengambilan gambar dengan kamera utama ponsel ini dapat menghasilkan foto dengan detail yang baik, dynamic range yang cukup lebar, dan dengan color grading yang tepat. Hal yang sama berlaku saat menggunakan kamera utama untuk mengambil foto dengan cahaya rendah.

Namun, pemrosesan lanjutan yang dilakukan oleh ISP (pengolah gambar) membuat ketajaman gambar agak berlebihan. Terkait pengambilan gambar dengan mode malam, kamera utama pada Redmi Note 10s dapat menghasilkan foto yang cukup terang jika pengguna dapat mencegah ponsel dari goyangan.

Hasil kamera ultra-wide Redmi Note 10s bisa mereproduksi detail hingga ke sudut-sudut sebuah gambar. Setelah itu, kamera selfie memberikan hasil yang baik saat Anda berada di bawah terik matahari.

Kamera belakang ponsel ini mampu merekam video dengan resolusi maksimal 4K 30fps, sedangkan kamera depan beresolusi 1080p pada 30fps. Dengan hasil dan spek demikian, kami menganggap bahwa kamera redmi note 10s cukup jika dikatakan sebagai kelebihannya.

4. Performa Dapat Diandalkan

Kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note 10s juga kami review pada bagia performanya. Memang, ponsel ini memiliki performa yang dapat diandalkan, bahkan bisa besaing dengan hp terbaik untuk PUBG dengan grafik extreme lainnya.

Xiaomi telah memilih chipset MediaTek, Helio G95, untuk memberi daya pada Redmi Note 10s. Pada dasarnya chipset ini memiliki kemampuan yang seimbang jika dibandingkan dengan Snapdragon 678 milik Redmi Note 10. Pasalnya, arsitektur yang digunakan sama.

Kedua set menggunakan Cortex A76 untuk dua core cepat dan Cortex A55 untuk enam core hemat energi. Namun, kecepatan jam dan pengaturan fabrikasi yang digunakan oleh kedua ponsel tidak identik. Namun, ada satu alasan mengapa Xiaomi mungkin memilih Helio G95. Salah satu alasannya adalah kemampuan grafisnya.

Secara teori, Helio G95 memiliki kemampuan grafis yang lebih baik dari Snapdragon 678. Pasalnya, GPU Mali-G76 3EEMC4 yang dikandungnya memiliki kecepatan lebih tinggi dari Adreno 612 milik Snapdragon 678 (900MHz vs 800MHz). Oleh karena itu, Redmi Note 10s seharusnya bisa memberikan performa yang lebih andal saat digunakan untuk bermain game.

✔️  Review 9 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M62

Ponsel ini sebenarnya dapat menjalankan PUBG Mobile dengan lancar. Game ini dimainkan dengan pengaturan grafis Smooth-Extreme. Coba juga game seluler terberat di dunia, Genshin Impact. Alhasil, game tetap bisa dimainkan pada pengaturan grafis terendah 60 frame per detik.

Gambar yang dihasilkan maksimal 34 frame per detik, dengan lag dan delay muncul beberapa kali selama permainan. Sedangkan dalam penggunaan sehari-hari, Redmi Note 10s sangat kencang. Tidak ada masalah saat membuka beberapa aplikasi secara bersamaan.

5. Baterai Awet dan Speaker Stereo

Selanjutnya, kami mereview kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note 10s pada sektor kapasitas baterai. Redmi Note 10s mempertahankan kapasitas baterai 5.000mAh dari Redmi Note 10. Dengan pemakaian yang berat, ponsel ini bisa bertahan lebih dari satu hari yang menjadi kelebihan selanjutnya.

Jika hanya digunakan untuk penggunaan ringan seperti media sosial dan browsing, Redmi Note 10s dapat berjalan hingga dua hari dengan sekali pengisian daya. Menariknya, pengisian baterainya sangat cepat berkat adaptor 33W yang disertakan dalam paket penjualannya.

Mengisi dari 0 persen hingga penuh hanya membutuhkan waktu satu jam 20 menit. Sayangnya, tidak ada protokol pengisian daya terbalik pada ponsel ini untuk mengisi daya perangkat lain. Daya tahan baterai yang baik dari Redmi Note 10s adalah kabar baik bagi Anda yang suka bermain game.

Pengalaman bermain game lebih seru karena ponsel ini menggunakan ponsel dual stereo. Speaker utama ada di bagian bawah, di sebelah port USB C. Sementara speaker terintegrasi dengan lubang suara, tetapi memiliki lubang terpisah di bagian atas bingkai, di sebelah jack audio 3.5mm dan mikrofon sekunder.

6. Memori Lega

Menurut GSM Arena, kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note 10s dari segi memori Xiaomi sepertinya mengetahui bahwa tak sedikit pengguna Redmi Note 10 yang merasa RAM 4GB terkesan biasa-biasa saja. Xiaomi juga menawarkan solusi dengan Redmi Note 10s yang memiliki lebih banyak RAM.

Varian RAM 6GB dipasangkan dengan penyimpanan 64GB, sedangkan varian RAM 8GB dipasangkan dengan memori internal 128GB. Jika uang Anda terbatas, tidak apa-apa jika Anda menggunakan versi 6/64 GB.

Masalah memori internal yang kecil dapat diatasi dengan memperluas ruang penyimpanan ke kartu microSD. Slot microSD khusus (unhybrid) pada Redmi Note 10s mampu menampung kartu microSD hingga 512GB.

7. Sensor, Port, dan Konektivitas Lengkap

Kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note 10s selanjut kami review pada bagian port dan lainnya. Untungnya ponsel ini memiliki sensor, port, dan konevitasnya yang lengkap dapat menjadi pertimbangan untuk memasukkannya kedalam lis kelebihan Xiaomi redmi note 10s.

Sensor dan Ketersediaan Port Redmi Note 10s masih sama persis dengan Redmi Note 10. Sensor termasuk accelerometer, cahaya, giroskop, IR blaster, kompas, sidik jari, dan kedekatan. Selain itu, ia juga dilengkapi dengan motor getaran linier yang memberikan pengalaman umpan balik haptic yang lebih baik.

Umpan balik haptic hanyalah getaran yang dihasilkan saat Anda menyentuh layar ponsel. Sedangkan untuk portnya, selain hadirnya USB C yang mendukung USB OTG, juga terdapat audio jack 3.5mm. Dengan cara ini, Anda dapat menghubungkan headset berkabel saat mengisi daya ponsel Anda.

✔️  Review 10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Black Shark 3

Kekurangan Redmi Note 10s

Setiap ponsel tidak dirancang untuk semua orang. Untuk itu pasti ada yang merasa HP punya kekurangan. Berikut poin-poin yang masih kurang dari Redmi Note 10s.

1. MIUI 12.5

Redmi Note 10s adalah ponsel Redmi pertama yang menggunakan MIUI 12.5 sejak di dalam kotak. Beberapa penguji menemukan bahwa antarmuka berbasis Android 11 lebih mulus daripada MIUI 12. Secara khusus, Prateek Pandey merasa bahwa versi ini memiliki animasi dan transisi yang lebih halus.

Sementara itu, Irshad Clip God mengatakan, interface ini tidak membuat Redmi Note 10s mengalami stutter saat melakukan aktivitas multitasking. Bloatware tetap ada, tetapi dapat dihapus. Sayangnya, MIUI 12.5 yang disertakan di Redmi Note 10s ini rilis sementara alias temporer.

Rilis sementara ini tidak menghadirkan fitur utama yang seharusnya ada di MIUI 12.5. Misalnya, menghapus aplikasi sistem seperti catatan, perekam layar, perekam suara, cuaca, dan kompas. Karena itu, Anda harus menunggu pembaruan “nyata”.

Masalah kecil lainnya dengan MIUI 12.5 adalah kurangnya penyesuaian. Antarmuka ini masih tidak mendukung navigasi berbasis gerakan dari aplikasi peluncur pihak ketiga, kata Prateek Pandey. Itu juga tidak dapat menginstal paket ikon pihak ketiga pada peluncur MIUI 12.5 default.

2. Refresh Rate Minim

Layar AMOLED Redmi Note 10s terbukti sempurna dalam hal reproduksi warna, kecerahan, dan sudut pandang. Ini juga cukup responsif terhadap pembacaan sentuh karena kecepatan pengambilan sampel sentuh transparan hingga 180Hz, yang bagus untuk aktivitas bermain game.

Hanya saja layarnya yang berukuran 6,43 inci tidak mendukung refresh rate yang tinggi alias high refresh rate. Kecepatan refresh standar, 60 Hz. Akibatnya, pengguna masih belum merasakan pengalaman menggulir media sosial yang lebih mulus. Begitu juga dengan gaming di 90fps atau 120fps.

3. Isu Overheat

Review kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note 10s menurut GSM Arena menyebut chipset Helio G95 membuat Redmi Note 10s cepat panas, terutama saat digunakan di iklim tropis. Ponsel cepat panas baik digunakan saat mengambil foto atau bermain game.

Padahal, panas adalah hal yang biasa. Soalnya panas bikin performa HP turun. Dalam uji coba CPU throttle 30 menit Prateek Pandey, Redmi Note 10s mengalami penurunan performa hingga level 78 persen performa puncak. Selama waktu itu, suhu CPU mencapai 50°C.

Bimbingan Caleb God juga membuktikan hal tersebut saat diuji secara live untuk memainkan game tersebut. Saat saya memainkan Call of Duty: Mobile selama 30 menit, suhu permukaan ponsel sudah di atas 40 derajat Celcius. Sedangkan Chris G.

memiliki suhu 46°C (layar) dan 43°C (kamera dekat belakang), setelah memainkan Genshin Impact selama satu jam. Menurut Chris J, mencapai suhu ini tidak terlalu buruk. Hanya dapat diinstruksikan mengatakan, jika pengguna menginginkan ponsel dengan manajemen termal yang lebih baik, pilih yang menggunakan Snapdragon 720G atau 732G.

Kesimpulan

Melihat dari ulasan kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note 10s diatas, ponsel ini tentu lebih banyak memberikan kelebihan ketimbang kekurangannya menurut versi kami. Namun, menginat harga ponsel tersebut yang dibandrol dengan harga Rp 2 jutaan saja, hal itu memang menjadi wajar.

Leave a Comment