Connect with us

9 Perbedaan HDD dan SSD dari Segala Aspek

Sinet.Id - Perbedaan HDD dan SSD dapat anda simak mulai dari cara kerjanya yang jelas berbeda, kecepatan memproses data, ketahanan komponen, komsumsi energi, kapasitas yang berbeda, usia pemakaian, kenyamanan pengguna, dan harga yang bisa menjadi perbedaan keduanya. Singkatnya, HDD atau Harddisk merupakan media penyimpanan yang digunakan pada laptop yang berntuk piringan cakram.

KOMPUTER

9 Perbedaan HDD dan SSD dari Segala Aspek

Fahrizal Akbar
Updated
9 Perbedaan HDD dan SSD dari Segala Aspek

Sinet.Id - Perbedaan HDD dan SSD dapat anda simak mulai dari cara kerjanya yang jelas berbeda, kecepatan memproses data, ketahanan komponen, komsumsi energi, kapasitas yang berbeda, usia pemakaian, kenyamanan pengguna, dan harga yang bisa menjadi perbedaan keduanya.

Singkatnya, HDD atau Harddisk merupakan media penyimpanan yang digunakan pada laptop yang berntuk piringan cakram. Sementara SSD atau Solid State Drive merupakan trobosan baru yang menggunakan chip sebagai media peyimpanannya. Dan tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing - masing.

Perbedaan HDD dan SSD

Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas apa saja perbedaan HDD dan SSD yang perlu anda ketahui untuk menjadi pertimbangan. Mulai dari pengertiannya, cara kerja, usia pemakaian, dan harga pasarannya saat ini.

1. Pengertian HDD dan SSD

perbedaan hdd dan ssd

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa HDD merupakan media penyimpanan yang digunakan pada perangkat laptop dalam bentuk piringan. Sedangkan SSD merupakan penyimpanan yang menggunakan chips, itulah sekilas perbedaan HDD dan SSD.

Apa Itu HDD?

HDD adalah perangkat yang digunakan untuk menyimpan data pada laptop atau komputer. Media penyimpanan ini beroperasi menggunakan disk yang bergerak untuk mengolah data. Teknologi hard disk drive yang masih mekanis menjadikan pertempuran HDD vs SSD yang dimenangkan SSD.

Dipasang pada komponen disk untuk menulis dan membaca data. Disk berputar pada ribuan putaran per menit (RPM). Pada hard disk terdapat beberapa partisi yang menyimpan data Anda. Hal ini sering disebut sebagai drive. Misalnya, drive C, D atau E.

Apa Itu SSD?

Solid State Drive atau SSD merupakan inovasi terbaru dalam penyimpanan data. Media penyimpanan ini bekerja menggunakan memory chip yang terpasang di komputer Anda.

Memory chips pada SSD adalah pengganti disk pada hard disk drive (HDD). Menggunakan teknologi chip, SSD dapat dengan cepat menulis dan menyimpan data. Hal ini karena pengolahan data dapat dilakukan secara digital.

2. Cara Kerja HDD dan SSD

perbedaan hdd dan ssd

Perbedaan HDD dan SSD paling mencolok adalah pada bagian cara kerjanya dalam pemrosesan data. Karena teknologi yang digunakan HDD vs SSD berbeda. Jika hard drive menggunakan disk, SSD menggunakan chip atau memori flash.

Jadi hard disk memproses data dengan sistem mekanis. Sistem ini membuat hard disk drive membaca file dengan satu gerakan disk. Artinya, data diproses dengan jeda.

Sedangkan SSD mengolah data menggunakan sistem digital. Sistem digital dalam SSD memproses data dengan mentransfer partikel pada chip. Oleh karena itu, tidak ada lag dalam pengolahan data. Lagi pula saat ini sudah banya pilihan SSD tercepat yang bisa anda gunakan.

3. Kecepatan HDD vs SSD

perbedaan hdd dan ssd

Menggunakan metode chip memori, pemrosesan data dalam SSD tidak perlu memindahkan fragmen. Artinya, data diproses tanpa downtime. Hal ini membuat SSD memiliki kinerja baca dan tulis data 25-100 kali lebih cepat daripada hard disk drive.

Nah, kecepatan dalam proses membaca dan menulis data ini memudahkan Anda dalam banyak hal. Dimulai dengan membuka program dengan cepat, Anda tidak perlu menunggu lama untuk proses booting untuk membantu Anda membuka beberapa program sekaligus tanpa penundaan.

4. Ketahanan Komponen

perbedaan hdd dan ssd

Perbedaan HDD dan SSD selanjutnya pada bagian ketahanan komponen. SSD menggunakan memori flash, atau chip, untuk menyimpan data. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa SSD tidak memiliki komponen bergerak seperti disk pada hard disk drive.

Hal ini membuat SSD lebih aman dari guncangan yang dapat merusak komponen dan data Anda. Karena ketika laptop terkena goncangan, data disimpan di chip pusat.

Sementara itu, hard drive rentan terhadap kerusakan komponen dan kehilangan data. Ini karena penyebaran data HDD di seluruh disk. Saat komponen disk mengalami guncangan, data juga kemungkinan akan rusak.

5. Penggunaan Energi

penggunaan energi ssd dan hdd

Telah disebutkan bahwa chip yang digunakan oleh SSD membuat SSD tidak memerlukan operasi mekanis. Artinya pengolahan data tidak membutuhkan banyak daya listrik.

Sedangkan hard disk drive mengolah data menggunakan sistem mekanis. Disk pada hard drive harus terus berputar agar data dapat diproses. Artinya, hard drive membuang-buang energi listrik. Oleh karena itu, SSD bisa lebih hemat energi daripada hard disk drive.

6. Kapasitas

kapasitas hdd dan ssd

Perbedaan HDD dan SSD yang paling mencolok juga bisa anda lihat dari kapasitas penampungan data. SSD memiliki kapasitas yang lebih kecil dari HDD. Umumnya kapasitas komputer yang menggunakan SSD berkisar antara 128 hingga 256 GB.

Nah, kapasitas ini bisa ditingkatkan. Ketika memori SSD default penuh, misalnya, Anda dapat menambahkan memori. Namun, ada harga tambahan yang harus Anda tanggung.

Sedangkan kapasitas HDD lebih besar dari SSD. Secara umum, 500 GB dianggap sebagai kapasitas minimum hard drive di pasaran. Sedangkan kapasitas maksimalnya adalah 2,1 TB.

7. Batas Usia

batas usia hdd dan ssd

Solid state drive memiliki umur yang panjang. Setiap kali Anda menulis ulang data ke SSD, kualitas SSD akan menurun. Kualitas ini diukur dalam satuan yang disebut terabyte tertulis (TBW).

Tapi jangan khawatir. SSD berisi teknologi perintah TRIM yang dapat meningkatkan TBW. Dengan demikian, SSD dapat memperbarui sistem lama setiap kali mulai memproses data.

Dengan sistem ini, SSD bisa lebih awet dan TBW-nya bisa lebih dikenal. Hal ini membuat upgrade SSD menjadi lebih mudah sebelum benar-benar crash. Menurut perkiraan, SSD dapat bertahan selama sekitar 10 tahun.

Sama seperti SSD, hard disk drive juga memiliki batas penggunaan maksimal. Batas tersebut disebut mean time between failure (MTBF). Setiap pemrosesan data akan mendekati MTBF. Jadi harus ganti hardisk jika sudah mencapai MTBF.

Sayangnya, kapan hard drive Anda akan mencapai MTBF tidak dapat diprediksi dengan pasti. Karena itu, banyak kasus kehilangan data ketika hard drive mencapai MTBF-nya. Namun, menurut standar, masa pakai hard drive hanya sekitar 3 hingga 5 tahun.

8. Kenyamanan

kenyamanan hdd dan ssd

Dari segi kenyamanan merupakan salah satu faktor yang menyebabkan perbedaan HDD dan SSD. SSD memproses data menggunakan sistem digital. Oleh karena itu, ketika Anda menyalakan laptop atau komputer untuk memproses data, komputer tidak mengeluarkan suara apa pun.

Bukan hanya ini. Sistem digital tidak bergerak. Sehingga laptop dan komputer tidak cepat panas. Tentu berbeda jika menggunakan harddisk. HDD menggunakan sistem mekanis dengan disk yang bergerak. Karena itu, saat memproses data, komputer dengan hard drive menyebabkan kebisingan dan panas berlebih.

9. Perbandingan Harga

perbedaan hdd dan ssd

Hard drive SSD lebih mahal daripada hard drive. Dengan kisaran harga Rp 600.000, Anda hanya mendapatkan SSD 256GB. Dalam kisaran harga yang sama, Anda bisa mendapatkan hard drive 1TB.

Pada pembahasan sebelumnya, saya membandingkan kelebihan dan kekurangan SSD dengan kelebihan dan kekurangan HDD. Dapat disimpulkan bahwa SSD lebih baik daripada HDD.

SSD menggunakan chip sistem untuk menyimpan data. Oleh karena itu, SSD memiliki kecepatan pemrosesan data yang lebih cepat, penyimpanan data yang lebih tahan lama, dan lebih aman.

Padahal, SSD juga memiliki kelemahan dari segi kapasitas. Namun, tentu saja kekurangan ini masih bisa dengan mudah ditipu oleh upgrade. Dibandingkan dengan HDD yang berkapasitas besar, namun kecepatannya 10-20 kali lipat di belakang SSD.

Untuk itu SSD ini sangat cocok digunakan oleh server yang membutuhkan performa cepat. Misalnya server aplikasi, server web, server database, server virtual, dan server proxy.

Kesimpulan

Jika dilihat dari sisi yang berbeda, SSD sebenarnya direkomendasikan untuk banyak perangkat digital. Dari laptop dan komputer ke server. Nah, berbicara tentang server. Performa yang sangat baik dari server SSD membuatnya cocok untuk hosting layanan digital yang membutuhkan sumber daya tinggi. Misalnya, e-commerce, toko online dan aplikasi.

Nah, itulah ulasan singkat dari kami mengenai perbedaan HDD dan SSD. Dari poin - poin diatas, tentunya anda sudah bisa menyimpulkan bahwa SSD lebih baik daripasa HDD, namun bukan berarti HDD tidak mempunyai kelebihan dibandingkan dengan SSD.

Artikel Terkait

Most Recent

8 Hp dengan Memori Internal 256GB dan Harganya 8 Hp dengan Memori Internal 256GB dan Harganya
Fahrizal Akbar May, 19, 2022
8 Hp dengan Memori Internal 256GB dan Harganya

Memiliki hp dengan memori internal 256GB dan harganya yang relatif lebih murah memang menjadi impian setiap orang. Berdasarkan yang kami bandingkan

Sinet.Id - Memiliki hp dengan memori internal 256GB dan harganya yang relatif lebih murah memang menjadi impian setiap orang. Berdasarkan yang kami bandingkan dari berbagai MarketPlace, terdapat berbagai pilihan hp dengan memori internal yang besar seperti Poco M4 Pro 5G, Poco X3 Pro, Poco F3, Xiaomi Black Shark 2, dan masih banyak lagi.

9 Hp Samsung Spek Tinggi Harga Murah Pilihan Kami 9 Hp Samsung Spek Tinggi Harga Murah Pilihan Kami
Fahrizal Akbar May, 19, 2022
9 Hp Samsung Spek Tinggi Harga Murah Pilihan Kami

Rekomendasi hp Samsung Spek tinggi harga murah pada bulan Mei 2022 menurut versi kami terdapat berbagai pilihan. Jajaran ponsel yang kami maksud

Sinet.Id - Rekomendasi hp Samsung Spek tinggi harga murah pada bulan Mei 2022 menurut versi kami terdapat berbagai pilihan. Jajaran ponsel yang kami maksud mulai dari Samsung Galaxy A31, Galaxy M30, Galaxy A22, Galaxy A12, Galaxy M32, dan masih banyak lagi yang bisa anda dapatkan dikisaran harga mulai dari 2 jutaan saja.

10 Hp Budget dibawah 2 Juta Spek Terbaik 2022 10 Hp Budget dibawah 2 Juta Spek Terbaik 2022
Fahrizal Akbar May, 19, 2022
10 Hp Budget dibawah 2 Juta Spek Terbaik 2022

Hp budget dibawah 2 juta juga memiliki beberapa pilihan ponsel yang didukung dengan spesifikasi yang mempuni. Contohnya pada hp Redmi 9T, Poco M3, Redmi 9, realme

Sinet.Id - Hp budget dibawah 2 juta juga memiliki beberapa pilihan ponsel yang didukung dengan spesifikasi yang mempuni. Contohnya pada hp Redmi 9T, Poco M3, Redmi 9, realme narzo 30A, realme C25, dan masih banyak lagi yang dapat anda sesuaikan dengan keinginan anda.

10 Hp Kisaran 3 Juta Terbaik Bulan Mei 2022 10 Hp Kisaran 3 Juta Terbaik Bulan Mei 2022
Fahrizal Akbar May, 18, 2022
10 Hp Kisaran 3 Juta Terbaik Bulan Mei 2022

Hp kisaran 3 juta terbaik pada bulan Mei 2022 terdapat beberapa pilihan seperti Samsung Galaxy M23 5G, Samsung Galaxy M33 5G, Vivo T1 5G, Samsung

Sinet.Id - Hp kisaran 3 juta terbaik pada bulan Mei 2022 terdapat beberapa pilihan seperti Samsung Galaxy M23 5G, Samsung Galaxy M33 5G, Vivo T1 5G, Samsung Galaxy A23, Poco M4 Pro (8/256 GB), Realme 9 Pro, Oppo A76, Vivo Y75 5G, Vivo Y21T, dan Oppo A95.

10 Hp yang Bagus Harga 1 Jutaan Mei 2022 10 Hp yang Bagus Harga 1 Jutaan Mei 2022
Fahrizal Akbar May, 18, 2022
10 Hp yang Bagus Harga 1 Jutaan Mei 2022

Hp yang bagus harga 1 jutaan pada bulan Mei 2022 ada Redmi 9C, Infinix Hot 10 Play, Tecno Spark 7 NFC, Samsung Galaxy M11, realme C21Y, Tecno Spark 5 Pro

Sinet.Id - Hp yang bagus harga 1 jutaan pada bulan Mei 2022 ada Redmi 9C, Infinix Hot 10 Play, Tecno Spark 7 NFC, Samsung Galaxy M11, realme C21Y, Tecno Spark 5 Pro, Alcatel 1S NFC, Redmi 9A, Luna G9, dan Tecno Spark 6 Go 2021.

10 Hp Budget 5 Juta Terbaik Pilihan Kami Mei 2022 10 Hp Budget 5 Juta Terbaik Pilihan Kami Mei 2022
Fahrizal Akbar May, 18, 2022
10 Hp Budget 5 Juta Terbaik Pilihan Kami Mei 2022

Hp budget 5 juta terbaik menurut versi kami pada bulan Mei 2022 yaitu Samsung Galaxy A52s 5G, Xiaomi 11T, realme GT Master Edition 8/256, Samsung Galaxy

Sinet.Id - Hp budget 5 juta terbaik menurut versi kami pada bulan Mei 2022 yaitu Samsung Galaxy A52s 5G, Xiaomi 11T, realme GT Master Edition 8/256, Samsung Galaxy A53 5G, vivo V23 5G, Oppo Reno7 Z 5G, Poco F3 8/256, Xiaomi Mi 10T Pro, realme X3 Superzoom, dan Huawei nova 7.

10 Hp 4 Jutaan Tercanggih Rekomendasi Bulan Mei 2022 10 Hp 4 Jutaan Tercanggih Rekomendasi Bulan Mei 2022
Fahrizal Akbar May, 17, 2022
10 Hp 4 Jutaan Tercanggih Rekomendasi Bulan Mei 2022

Hp 4 jutaan tercanggih tersedia dari berbagai brand yang sudah lama merajai pasar posel di Indonesia. Jajaran posel tersebut meliputi Realme 8 Pro, Realme V15 5G

Sinet.Id - Hp 4 jutaan tercanggih tersedia dari berbagai brand yang sudah lama merajai pasar posel di Indonesia. Jajaran posel tersebut meliputi Realme 8 Pro, Realme V15 5G, Samsung Galaxy A32 5G, Redmi Note 9 Pro 5G, Realme 7 Pro, Oppo Reno 5, Vivo V20 Pro, Vivo S9 5G, Samsung Galaxy F62, dan Realme X7 Pro.

Spesifikasi Minimum Hp PUBG Mobile dan Rekomendasinya Spesifikasi Minimum Hp PUBG Mobile dan Rekomendasinya
Fahrizal Akbar May, 17, 2022
Spesifikasi Minimum Hp PUBG Mobile dan Rekomendasinya

Spesifikasi minimum hp PUBG mobile perlu anda ketahui terlebih dahulu jika ingin membeli ponsel terbaru untuk memainkan game yang satu ini. Berdasarkan yang kami

Sinet.Id - Spesifikasi minimum hp PUBG mobile perlu anda ketahui terlebih dahulu jika ingin membeli ponsel terbaru untuk memainkan game yang satu ini. Berdasarkan yang kami kutip dari laman resmi PUBG mobile, spesifikasi minimun untuk Hp android yaitu memiliki versi Andoid diatas 5.

ashila